KAJIAN TEORITIS STRATEGI PEMASARAN GIMMICK DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN PADA TOKO RITEL
DOI:
https://doi.org/10.30736/jpensi.v4i3.264Abstract
Dalam iklim usaha yang amat kompetitif saat ini, strategi pemasaran yang handal amat diperlukan guna menarik konsumen yang sekaligus merupakan pembeli potensial sebanyak mungkin. Dalam usaha ritel, strategi pemasaran yang handal amatlah esensial oleh karena dua hal, yakni merupakan komponen anggaran terbesar dan sebagai cara paling efektif guna menarik minat konsumen mendatangi toko ritel. Ketika sudah berada di toko tersebutlah, keputusan untuk membeli produk terbentuk. Dalam konteks demikianlah strategi pemasaran gimmick sebagai suatu cara memasarkan produk, dikaji pengaruhnya dalam mempengaruhi minat konsumen, khususnya pada toko ritel.  Â
Kata Kunci: Toko Ritel, Promosi, Strategi Pemasaran Gimmick, Minat Beli
References
Cant, MC (Ed) (2005). Introduction to Retailing. Cape Town: Juta Academic, 3-5.
Jefkins, Frank (1990). Modern Marketing Communication. London: Blackie and Son, 150-151.
Hubner, Alexander (2011). Retail Category Management: Decision Support System for Assortment, Shelf Space, Inventory and Price Planning. New York: Springer Publishing Company, 113-115.
Krafft. M & Mantrala.M.K. (Eds) (2010). Retailing in the 21st Century: Current and Future Trends, New York: Springer Publishing Company, 393.
Kotler, P., Kevin L.K., (2006). Marketing Management 12e. New Jersey: Pearson Prentice Hall, 33-59, 296, 470-475.
Levinson, Jay Conrad (1993). Guerrilla Marketing Excellence: The 50 Golden Rules for Small Business success. New York: Houghton Mifflin Company, 143.
Mullin, R., & Cummins, J. (2008). Sales Promotion: How to Create, Implement and Integrate That Really Work. Philadelphia: Koganpage, xiii.
Solomon, M.R., Cornell, L.D, Nizan, A., 2009. Launch! Advertising and Promotion in Real Time. New York: Flatworld Knowledge, 117.
Stephenson, J., Thurman, C., 2007. Ultimate Small Business Marketing Guide: 1500 Great Marketing Tricks. Canada Entrepeneur Press, 423
Porter, Michael E., 1998. Competitive Advantage, Creating and Sustaining Superior Performance. New York: The Free Press.
Varley, Rosemary, 2006. Retail Product Management. New York: Routledge, 233.
Wijayanti, Titik, Fl. Ir, MM, 2014. Marketing Plan! Dalam Bisnis. Jakarta: Elex Media, 76-87.
Zacharias, J.M, 2015, Strategi Marketing: Gimmick. Retrieved from http://www.jmzacharias.com/strategi-marketing-gimmick/
.