Pengaruh Perputaran Modal Kerja,Pertumbuhan Penjualan dan Perputaran Aktiva Tetap terhadap Return on Investment (ROI), pada Industri Otomotif di Indonesia.

Penulis

  • wastam wahyu Hidayat Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v6i3.757

Kata Kunci:

Perputaran Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan, Perputaran Aktiva Tetap, Return On Investment

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Perputaran Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan dan Perputaran Aktiva Tetap terhadap Return On Investment (ROI). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan sampel 12 perusahaan industri  otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan menerbitkan laporan keuangan tahunan tahun 2015 – 2019. Teknik analisis yang dipakai pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan software Statistical Package for the Social Science versi 23.0. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Perputaran Modal Kerja berpengaruh signifikan dan negatif terhadap Return On Investment dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan Pertumbuhan Penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Investment dengan nilai signifikan 0,288 > 0,05. Perputaran Aktiva Tetap berpengaruh signifikan dan positif terhadap Return On Investment dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa Perputaran Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan dan Perputaran Aktiva Tetap secara simultan berpengaruh terhadap Return On Investment dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan variabel Perputaran Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan dan Perputaran Aktiva Tetap dapat menjelaskan sebesar 77,9%  berpengaruh terhadap Return On Investment (ROI), sedangkan sisanya sebesar  22,1%, di pengaruhi oleh variable lainnya.

Referensi

Agoes,Sukrisno dan Estralita Trisnawati.(2013).Akuntansi Perpajakan Edisi 3.Jakarta:Salemba Empat.

Arif,Syaiful, Raden RustaFAm Hidayat, dan Zahroh Z.A.(2015).Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Leverage, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2013).Jurnal Administrasi Bisnis Vol.27 No.1.

Gitosudarmo,Indriyo, dan Basri.(2017).Manajemen Keuangan Edisi 4.Yogyakarta:BPFE-Yogyakarta.

Haedar,Nurul Fadilah.(2019).Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas pada PT Waskita Karya (Persero) Tbk di Bursa Efek Indonesia.Jurnal Manajemen Keuangan.

Lupiyoadi,Rambat, dan Ridho Bramulya Ikhsan.(2015).Praktikum Metode Riset Bisnis.Jakarta:Salemba Empat.

Lubis,Mahmuddin Syah,dkk.(2019).Pengaruh Perputaran Aktiva, Perputaran Kas dan Loan to Deposit Ratio (LDR) Terhadap Return On Asset (ROA) pada Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2013-2017.Riset dan Jurnal Akuntansi Vol.3 No.2.

Maulana,Yogi Sugiarto.(2017).Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Aktiva Tetap Terhadap Profitabilitas pada PT Mayora Indah Tbk.Jurnal Administrasi Bisnis Vol.1 No.2.

Pancawati,Ni Luh Putu Anom.(2018).Pengaruh Perputaran Aktiva, Piutang dan Hutang Terhadap ProfitabilitasPT Bukit Uluwatu Villa Tbk.Jurnal Kompetitif:Media Informasi Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Akuntansi Vol.4 No.2.

Primadani,Anggun.(2019).â€Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Return On Investment (ROI) pada Perusahaan Industri Manufaktur (Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)â€.Skripsi.Ekonomi.Akuntansi Keuangan. Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.Bekasi.

Rachmawati,Susan.(2018).Analisis Perputaran Piutang dan Perputaran Aktiva Tetap Terhadap Profitabilitas pada PT Gudang Garam Tbk.Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah Vol.1 No.2.

Setyawan,Supanji, dan Susilowati.(2018).Analisis Pertumbuhan Penjualan dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk tahun 2012-2016.Jurnal Ilmu Akuntansi Vol.11 No.1.

Sujarweni,V.Wiratna.(2018).Manajemen Keuangan Teori, Aplikasi dan Hasil Penelitian.Yogyakarta:Pustaka Baru Press.

Umniati,Rika, Kartika Hendra Titisari, and Yuli Chomsatu.(2018).The Influence of Current Ratio,Inventory Turnover Ratio, Cash Turnover, and Debt to Equity Ratio Against The Return On Investment In The Production of Industrial Companies Listed On The Stock Exchange of Malaysia In 2016.Benefit Jurnal Manajemrn dan Bisnis Vol.3 No.2.

Widiyanti,Marlina, dan Samadi W.Bakar.(2014).Pengaruh Working Capital Turnover, Cash Turnover, Inventory Turnover dan Current Ratio Terhadap Profitabilitas (ROA) Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol.12 No.2.

Yuanita,Missy, Budiyanto, and Slamet Riyadi.(2016).Influence of Capital Structure, Size, and Growth on Profiability and Corporate Value.International Journal of Business and Finance Management.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-08