PENGEMBANGAN JUMLAH NILAI PRODUKSI DAN JUMLAH NILAI INVESTASI SEBAGAI PENINGKATAN DALAM KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI JAWA TIMUR

Penulis

  • Abid Muhtarom Fakultas Ekonomi

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v1i2.78

Abstrak

Pengembangan produksi dan investasi dapat terus dijalankan oleh pemerintah Jawa Timur. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitan ini menggunakan penelitian eksplanatori, yaitu hasil yang diperoleh dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan penjelasan tentang Pengembangan Jumlah Nilai Produksi dan Jumlah Nilai Invesatasi Sebagai Peningkatan Dalam Kesejahteraan Masyarakat Di Jawa Timur (Husaini, 2008:5). Ditinjau dari sifat hubungan antara variabelnya, penelitian ini dirancang sebagai penelitian kausal dimana variabel yang satu dengan yang lain tidak sekedar dijelaskan hubungan dengan uji regresi linier berganda, lebih dari itu akan didiskripsikan dan dianalisis dengan menggunakan SPSS 20. Sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian, secara hipotesis, diidentifikasikan variabel yang akan diteliti, yaitu : Jumlah Nilai Produksi, Jumlah Nilai Invesatasi dan Kesejahteraan Masyarakat Di Jawa Timur.

Nilai jumlah Produksi dan jumlah Investasi yang diperoleh adalah 99,0% memiliki pengaruh kontribusi sebesar 99,0% terhadap variabel Y yaitu Kesejahteraan Masyarakat dan 1,0% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar varaibel Jumlah Produksi (X1) dan Jumlah Investasi(X2). Berdasarkan tabel Anova,diperoleh nilai Sig. = 0,001 yang berarti › kriteria signifikan 0,05 (5%), dengan demikian model persamaan regresi berdasarkan data penelitian adalah signifikan artinya model regresi linier memenuhi kreteria linieritas.

Keywords : Jumlah Nilai Produksi, Jumlah Nilai Invesatasi, Kesejahteraan Masyarakat Di Jawa Timur

Unduhan

Diterbitkan

2016-06-01