Analysis of Corporate Social Responsibility’s Effect on The Value of Mining Companies Moderated by Profitability

Penulis

  • Ferdian Agus Iqbal Saputra UPN Veteran Jawa Timur
  • Suparlan Pranoto UPN Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.30736/ja.v7i1.906

Kata Kunci:

Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Abstrak

The goal of this study was to determine the influence of “corporate social responsibility disclosure†on “company value of mining company†with “profitability†as a “moderating variableâ€. This study chose data from “the annual report of mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange year 2015-2018â€. This study use sample of “26 companiesâ€. Using “purposive sampling techniqueâ€, the population of companies according to the minimum number is “18 companiesâ€. This study using “Partial Least Square (PLS)†technique. This study research found that “corporate social responsibility negatively significant effect on company valueâ€, “profitability has a positive effect on company valueâ€. However, “profitability is not able to moderate the influence of Corporate Social Responsibility†to the “value of the companyâ€.

Biografi Penulis

Ferdian Agus Iqbal Saputra, UPN Veteran Jawa Timur

Mahasiswa S2 di UPN Veteran Jawa Timur

Suparlan Pranoto, UPN Veteran Jawa Timur

Dosen di UPN Veteran Jawa Timur

Referensi

Abdillah, W., & Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis (1st ed.). Yogyakarta: Andi.

Agustina, S. (2013). Pengaruh Profitabilitas dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Padang, Vol. 1 (No. 1), 1-23.

Agustine, I. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen Keuangan, Vol. 2 (No. 1), 42-47.

Astiari, N. L. P. A., Atmadja, A. T., & Darmawan, N. A. S. (2014). Pengaruh Pertanggungjawaban Sosial Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi UNDIKSHA, Vol. 2 (No. 1), 978–979.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2010). Financial Manajemen Dasar Dasar Manajemen Keuangan (Terjemahan ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Chariri, A., & Ghozali, I. (2007). Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Elkington, J. (1997). Cannibals with forks – Triple bottom line of 21st century business. Stoney Creek, CT: New Society Publishers.

Fauzi, A. S., Suransi, N. K., & Alamsyah. (2016). Pengaruh GCG dan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal InFestasi, Vol. 12 (No. 2), 1-19.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Herawaty, V. (2008). Peran Praktek Corporate Governance sebagai Moderating Variable dari Pengaruh Earnings Management terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 10 (No. 2), 97-108.

Kalsum, U. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015). Jurnal Akuntansi, Vol. 1 (No. 1), 1–14.

Kayo, E. S. (2016, 14 Mei 2020). Perkembangan Bursa Efek Indonesia 1994 - 2009. SahamOK.net. Diambil dari: https://www.sahamok.net/perkembangan-bursa-efek-indonesia-1994-2009/.

Komalasari, D., & Purnawati, N. K. (2017). Peran Profitabilitas dalam Memoderasi Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Prosiding Seminar Nasional AIMI, Vol. 12 (No. 1), 27–28.

Kusuma, I. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan (Suatu Studi pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). (Sarjana Skripsi). Universitas Pasundan, Bandung.

Kusumadilaga, R. (2010). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). (Sarjana Skripsi). Universitas Diponegoro, Semarang.

Kusumayanti, N. K. R., & Astika, I. B. P. (2016). Corporate Social Resposibility sebagai Pemediasi Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Laverage pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 15 (No. 1), 549–583.

Lukas, H. T. M. (2017, 02 Oktober 2017). Harga Batu Bara Melemah, Saham Emiten Tambang Memerah. Market Bisnis. Diambil dari: https://market.bisnis.com/read/20171002/192/695104/harga-batu-bara-melemah-saham-emiten-tambang-memerah.

Milne, M. J., & Hackston, D. (1996). Some Determinants of Social and Environmental Disclosures in New Zealand Companies. Accounting, Auditing & Accountability Journal, Vol. 9 (No. 1), 77-108.

Murnita, P. E. M., & Putra, I. M. P. D. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Leverage Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 23 (No. 2), 1470-1494.

Nofrita, R. (2013). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Padang, Vol. 1 (No. 1), 1-25.

Nugraha, K. P., Budiwitjaksono, G. S., & Suhartini, D. (2020). Peran Kebijakan Dividen Dalam Memoderasi Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis), Vol. 5 (No. 1), 18-23.

Nuryana, I., & Bhebhe, E. (2019). Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. AFRE Accounting and Financial Review Universitas Merdeka, Vol. 2 (No. 2), 142-146.

Pratiwi, P. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Jurnal Akuntansi, Vol. 1 (No. 1), 1–66.

Puspaningrum, Y. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia). Profita (Kajian Ilmu Akuntansi) Universitas Negeri Yogyakarta, Vol. 5 (No. 2), 1-14.

Putra, B., & Wirakusuma, M. (2015). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 13 (No. 2), 461–475.

Putri, A. K., Sudarma, M., & Purnomosidhi, B. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan dan Jumlah Dewan Komisaris Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 14 (No. 2), 344–358.

Rahayu, S. (2010). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi. (Magister Thesis). Universitas Diponegoro, Semarang.

Ramona, S. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Jurnal Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi Universitas Pasir Pengaraian, Vol. 1 (No. 1), 1–14.

Riswari, D. A. (2012). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Governance sebagai Variabel Moderating (Studi pada Perusahaan Publik Non Finansial yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2009). (Sarjana Skripsi). Universitas Diponegoro, Semarang.

Setianingrum, W. A. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi Jurnal Siasat Bisnis. Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 15 (No. 1), 1-12.

Sudana, I. M. (2009). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori & Praktik. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryati, A. K., Gama, A. W. S., & Astiti, N. P. Y. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empirirs Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014–2016). Equity Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta, Vol. 21 (No. 2), 129-140.

Wulandari, A. A., Ramantha, I. W., & Wirakusuma, M. G. (2016). Dampak Moderasi Profitabilitas terhadap Pengaruh Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 5 (No. 7), 1889–1918.

Zulaikhah, I. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Return On Asset Sebagai Variabel Mediasi (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Tahun 2014-2016). (Magister Thesis). Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Surakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2022-02-28