KONSEP DESTINATION BRANDING TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE AIR PANAS PANGURURAN

Penulis

  • Sudung Simatupang STIE SULTAN AGUNG
  • Marisi Butarbutar
  • Christine Dwi Nainggolan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v6i1.486

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh destination branding terhadap minat berkunjung. Teknik analisa data dilakukan dengan uji asumsi klasik serta uji hipotesa. Objek penelitian ini adalah kawasan wisata Air Panas daerah Pangururan Kabupaten Samosir dan penelitian dilakukan untuk bulan Agustus 2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif destination branding terhadap minat berkunjung ke kawasan Air Panas Panggururan Kabupaten Samosir.

The purpose of this study was to determine how much influence destination branding has on visiting interest. The data analysis technique is done by using classical assumption test and hypothesis test. The object of this research is the hot spring tourist area in the Pangururan area, Samosir Regency and the research was conducted for August 2020. The results showed that there was a positive effect of destination branding on the interest in visiting the Panggururan Hot Spring area, Samosir Regency

Referensi

Barata, I. G., Dektisa, A., & Arini, B. D. (2015). Perancangan destination branding wisata alam kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 1–11.

Bovy, L. (1998). Tourism and Recreation Handbook of Planning and Design. Archtectural Press.

Clifton, S. (2003). Brands and Branding. Profile Books Ltd.

Cronin, J. J., & Taylor, S. A. (1992). Measuring Service Quality: A Reexamination and Extension. Journal of Marketing, 56(3), 55. https://doi.org/10.2307/1252296

Hasanah, U. U., Hidayati, N., & Basamalah, M. R. (2020). Pengaruh Word Of Mouth, Destination Image, Destination Branding Terhadap Minat Berkunjung Di Jatim Park 3 Kota Batu Malang. Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma, 09(07), 18–31. www.fe.unisma.ac.id

Hidayah, N. (2019). Pemasaran Destinasi Pariwisata. Alfabeta.

Kotler, P., Bowen, J. ., & Makens, J. . (2012). Marketing for Hospitaly and Tourism (6th ed.). Pearson Prentice Hall.

Kumoratih, D. (2020). RANCANGAN “WONDERFUL INDONESIA†SEBAGAI BRANDING-DESTINATION. Jurnal Becoss (Business Economic, Communication, and Social Sciences), 2(1), 75–82.

Maulida, D. (2019). TOURISM DESTINATION BRANDING: ANALISIS STRATEGI BRANDING WISATA HALAL “THE LIGHT OF ACEH†(Studi Kasus pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Tahun 2015- 2016) Desi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.35308/source.v5i1.1171

Morgan, N., & Pritchard, A. (2004). Destination Branding : Creating the Unique Destination Proposition. In Book (Edition, 2). Elsevier Butterworth Heinemann.

Putra, G. B. S., Kumadji, S., & Hidayat, K. (2015). PENGARUH CITRA PERUSAHAAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei pada Pengunjung Taman Rekreasi PT.Selecta, Kota Batu, Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) S1 Universitas Brawijaya, 26(2), 1–8.

Sulistyan, R. B., Ariyono, K. Y., & Taufiq, M. (2018). Identifikasi Faktor-Faktor Kritis Dalam Minat Berkunjung Kembali Ke Wisata Religi. Seminar Nasional Manajemen Dan Bisnis Ke-3, 207–216.

Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima (2Th ed.). Andi.

Undang-undang No. 10 Tentang Kepariwistaan,.Tahun 2009

Unduhan

Diterbitkan

2021-02-25

Cara Mengutip

Simatupang, S., Butarbutar, M., & Nainggolan, C. D. (2021). KONSEP DESTINATION BRANDING TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE AIR PANAS PANGURURAN. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 6(1), 1–9. https://doi.org/10.30736/jpim.v6i1.486