PENGARUH STRATEGI PENJUALAN DAN PELAYANAN JASA SERVIS SEPEDA MOTOR TERHADAP MINAT BELI SPARE PART HONDA DI BENGKEL AHASS JATI INDAH MOTOR SUMBERWUDI LAMONGAN
Abstract
Abstrak
Penjualan dan pelayanan jasa berpengaruh secara parsial terhadap minat beli spare part di Ahass Jati Indah Motor Sumberwudi Lamongan. Untuk mengetahui penjualan dan pelayanan jasa berpengaruh secara simultan terhadap minat beli spare part di Ahass Jati Indah Motor Sumberwudi Lamongan. Untuk mengetahui diantara variabel penjualan dan pelayanan jasa yang paling berpengaruh terhadap minat beli spare part di Ahass Jati Indah Motor.
Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y= -0,327 + 0,427 X1 + 0,834 X2. Hasil analisis secara parsial menggunakan uji t diperoleh t hitung variabel penjualan X1 adalah 5,485 dengan tarif 5% t tabel 1,984. Pelayanan X2 berpengaruh secara positif terhadap minat beli. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis pelayanan jasa yang menunjukan nilai t hitung sebesar 10,972 dengan taraf 5% t tabel 1,984. Hasil perhitungan dari uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 170,778 sedangkan F tabel sebesar 3,09. Hasil nilai R square + 0,779 artinya penjualan dan pelayanan jasa mempengaruhi minat beli sebesar 77,9% sedangkan sisanya 22,1% dipengaruhi oleh variabel diluar penjualan dan pelayanan jasa.
Penjualan tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat beli spare part. Dan pelayanan jasa berpengaruh secara parsial terhadap minat beli spare part. Penjualan dan pelayanan jasa berpengaruh secara simultan terhadap minat beli. Variabel pelayanan jasa merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat beli spare part dibengkel Ahass Jati Indah Motor Sumberwudi Lamongan.Â
References
DAFTAR PUSTAKA
Apriandi, alex. 2007. analisis faktor-foktor yang mempengaruhi konsumen dalam pemilihan bengkel resmi sepeda motor honda. skripsi. yogyakarta: universitas sanata dharma.
Chandra, Tjiptono. 2012. Pengertian Positioning. Jakarta: Erlangga.
Erdiansyah. 2016. pengaruh disiplin dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada Cv patakaran palembang. E-Jurnal Ekonomi Global. Volume 01 Nomer 01.
Fadli Ahmad, Nasib. 2019. Konsep intisari strategi pemasaran. Medan : Cv. Pena Persada.
Farid, Salman. 2019. Pengaruh persepsi harga dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jasa servis motor. Skripsi. Lamongan : universitas islam darul ulum.
Herdian Nana. 2015. Manajamen strategi pemasaran. Bandung : Cv Pustika Setia.
Hidayat, Sukasman, Agus. 2012. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli sepeda motor baru yamaha. Skripsi. Semarang : universitas diponegoro.
Killer & kotler. 2016. Pengertian Produk. Jakarta : Erlangga.
Killer& Kolter. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Kolter , philip & keller, Kevin Lane. 2011. Ahli bahasa Bob Sabran. Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kembuan, cyndi, precylia. 2014. Analisis Segmentasi Targeting Dan Positioning Pembiayaan Mobil Pada PT Adira Dinamik Multifinance Tbk Cabang Manado. E-Jurnal EMBA. Volume 02 No 03.
Lili Harjati & Yurikw Venesia. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Presepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. E-jurnal WIDYA Ekonomika. Volume 01 No 01.
Nurcholidah, L. & Sulaeman, MM. (2018). Comparative Consumer Perceptions To Purchase Decisions Of Drinking Water In Packed Brand Le Mineral And Aqua In Tikung, Lamongan Regency. JHSS (JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES) 5 (3), 268-271
Novandari, made. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada Harpindo Jaya. Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro.
Rambat Lupiyoadi . 2017. Pemasaran Jasa, edisi 01, universitas terbuka, Tanggeran selatan.
Ruswaji, Sulaeman, MM. (2021). Development And Innovation Of Sendang Batik Design And Motivation During The New Normal Time With Siwalan Leaf And Fruit Motif. JHSS (Journal Of Humanities And Social Studies) 5 (3), 326-329
Sepang. Jl, Massie Jdd, Joel G. 2014. Pengaruh motivasi , presepsi harga dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen sepeda motor matic merek yamaha mio. Skripsi. Manado : Universitas Sam Ratulangi Manado.
Sudaryono. 2016. Manajemen pemasaran teori dan implementasi. Yogyakarta : Cv. Andi Ofset
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Satriawan , robby. 2018. Pengaruh promosi terhadap volome penjualan pada kangaroo motor mandiri. Skripsi. Bengkulu : insitut agama islam negeri IAIN.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulaeman, MM. & Harsono M. (2021). Supply Chain Ontology: Model Overview and Synthesis. Jurnal Mantik 5 (2), 790-799
Sulaeman, Moh.Muklis. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Komsumen Pada Merek Cardinal Di Ramayana Bungurasih Sidoarjo, JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) 3 (3), 747-822
Sulaeman, MM. (2020). Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan UMKM Desa Palangan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat. Hal. 16-22
Sulaeman, MM. Et.al. (2022). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Anggota Pengguna Jasa Koperasi Simpan Pinjam Artha Niaga Sentosa Surabaya. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 3 (4), 892-895
Tjiptono, Fandy . 2016. Pelayanan Jasa . Edisi 01, Uviverstitas Muhammadiyah, Magelang.