CITRA MEREK, KEPERCAYAAN MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HAND SANITIZER DETTOL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LUWES GENTAN (Brand Image, Brand Trust, And Product Quality To Purchase Decision For Dettol Hand Sanitizer During-19 Pande

Authors

  • Niken Anggoro Putri Fakultas Ekonomi Manajemen
  • Burhanudin AY Fakultas Ekonomi Manajemen
  • Sarsono Sarsono Fakultas Ekonomi Manajemen

DOI:

https://doi.org/10.30736/je.v22i1.698

Keywords:

Citra Merek, Kepercayaan Merek, Kualitas produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Saat ini, perusahaan di harap kan untuk mencipta kan produk yang tidak cuma memenuhi kebutuhan biasa, tetapi juga memberi kan nilai tambah yang berbeda dari produk lain  nya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian Hand sanitizer Dettol pada saat wabah Covid-19 di Luwes Gentan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data yang di guna kan berasal dari survei. Sedang kan pengambilan sampel dilaku kan dengan metode random sampling, pengambilan sampel mengguna kan rumus Slovin dengan jumlah partisipan 100 orang. Teknik analisis data mengguna kan analisis regresi linier berganda dengan mengguna kan program SPSS 16. Berdasar kan hasil analisis dapat disimpul kan bahwa: Variabel citra merek, kepercayaan merek dan kualitas produk secara simultan maupun parsial berpengaruh positif dan signifi kan terhadap keputusan pembelian Hand Sinitizer Dettol pada saat wabah Covid -19 . Di Luwes Gentan

Author Biographies

Niken Anggoro Putri, Fakultas Ekonomi Manajemen

Fakultas Ekonomi Manajemen

Burhanudin AY, Fakultas Ekonomi Manajemen

Fakultas Ekonomi Manajemen

Sarsono Sarsono, Fakultas Ekonomi Manajemen

Fakultas Ekonomi Manajemen

References

Alfatiyah Rini, dkk. (2020), Perancangan Produk Hand Sanitizer Untuk Mencegah Penyebaran Covid 19 Di Desa Kalitorong, Randudongkal, Pemalang, Jawa Tengah . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 1 Nomor 3, September 2020, hlm 303-311.

Amron, Amron. (2018), The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars. European Scientific Journal May 2018 edition Vol.14, No.13. Dian Nuswantoro University, Semarang.

Badriyah, N., & Muhtarom, A. (2020, January). Configuration of Employment Training to Improving Work Competencies Toward Competitiveness. In 17th International Symposium on Management (INSYMA 2020) (pp. 303-306). Atlantis Press.

Dharmawan, Dwian Ardito and Arifin Sito. (2020), Related Impact From Service Quality And Product Quality Towards Customer Satisfaction As Well As Its Implications To Customer Loyalty At Pt. Cianjur Artha Makmur. Dinasti International Journal Of Management science Volume 2, Issue 1, September 2020, pp 101-111. Universitas Mercu Buana, Jakarta.

DJ, Y. R., & Safa'atillah, N. (2017). PENGARUH PELATIHAN BROADBRAND LEARNING CENTER (BLC) TERHADAP KOMPETENSI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SWASTA DI SURABAYA BARAT. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 2(2), 7-Halaman.

DJ, Y. R. (2018). PENGARUH FAKTOR KEBERSIHAN, PENERANGAN DAN PERALATAN PRODUKSI TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PADA CV SINAR BADJA ELECTRIC DI SURABAYA. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 3(3), 747-822.

DJ, Y. R. (2020). PENGARUH KETERAMPILAN DAN ETOS KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PADA CV MANDIRI TRANS DI SURABAYA. Media Mahardhika, 19(1), 16-20.

Edy, I. T., Mauladi, K. F., & Efendi, Y. (2020). Analisis faktor pendapatan dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian barang elektronik pada ud. Dewi sri elektronik lamongan. Media Mahardhika, 19(1), 124-129.

Ghofur, A., Edy, I. T., Rohman, R., & Athobari, M. F. (2020). Pengembangan UMKM Songkok Melalui Model E-Business Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Industri Kreatif Masyarakat Di Kelurahan Banjarmendalan Kabupaten Lamongan. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 720-726.

Gunawan, Khairul Rahmat. (2020), Dampak Covid 19 Terhadap Penjualan Masker Dan Hand Sanitizer Di Kabupaten Sumenep. Eco-Entrepreneurship, Vol 6 No 1 Juni 2020, Hlm. 25-33.

I. Antonius, D. Sugiono. (2013), Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek,Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 2, (2013) 1-11.

Irawan, M. R. N., Badriyah, N., Lathifi, S., & Hanis, S. N. (2020). Strategi Pengembangan Potensi Desa Dengan Penerapan Sistem Hidroponik Pada Tanaman Hortikultura Dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat Di Desa Kawistolegi Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 715-719.

Lestari, Niken Ayu dan Iriani, Sri Setyo (2018), Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Mataharimall.Com. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 6 Nomor 1 – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, hlm 1-8.

Lubis, Desy Iriana Dewi dan Hidayat, Rahmat. (2017), Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman, Vol. 5, No. 1, pp. 15-24, Februari 2017, ISSN 2355-1488.

M, A., & Ali, H. (2017). Model Kepuasan Pelanggan: Analisis Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Citra Merek Pada Giant Citra Raya Jakarta. Jurnal Manajemen. https://doi.org/10.24912/jm.v21i3.254

Mardiani, Nia Fitri,. Wijayanto, Heri dan Santoso, Edi. ( 2020), Pengaruh Persepsi Kualitas Informasi, Gaya Hidup, Dan Kepercayaan Merek, Terhadap Keputusan Pembelian Tas Sophie Martin Paris Di Ponorogo. Jurnal Ilmiah Bidang Manajemen dan Bisnis Vol. 3, No. 1 (2020): June, hlm 57-63.

Najiah, E. F., & DJ, Y. R. (2018). PENGARUH PROGRAM DANA BERGULIR OLEH UPK DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KUWA DI DESA BAMBANG KECAMATAN TURI LAMONGAN. Media Mahardhika, 17(1), 46-53.

Nawangsari, Sri dan Karmayanti, Yelsi. (2018), Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Online Shop YLK.Store). Fakultas Ekonomi Gunadarma.Pangkalpinang.

Purba, Mery Lani Si, M, Tambunan, Elisabet et al. (2018), Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Body Wash Merek Dettol Pada Masyarakat Kecamatan Medan Perjuangan Kelurahan Pandau Hilir Lingkungan Viii. Jurnal Mutiara Manajemen, Vol.3 No.1 ,2018, hlm 235-242,

Putra, Eggie Wijaya dan Widyastuti. (2014), Pengaruh Kesadaran Merek, Kesan Kualitas Dan Asosiasi Merek Terhadap Penerimaan Perluasan Merek Dettol Melalui loyalitas Merek. Jurnal Ilmu Manajmen | Volume 2 Nomer 4 Oktober 2014.

Prasetya, Candra Hakim, Arif,. Kumadji Srikandi dan Yulianto, Edy. (2014), Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Kepercayaan Serta Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Sepeda Motor Honda Vario Pada Pt Sumber Purnama Sakti Di Kabupaten Gresik), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 15 No. 2 Oktober 2014, Hlm 1-6.

Saputra, Agung Nugroho dan Djumarno. (2020), Analysis Regarding Those Impact From Services Quality And Product Quality Towards Purchase Decisions Which Had Influence On Customer Satisfaction (Case Study At Pt. Astra Credit Companies). Dinasti International Journal Of Digital Bussiness Management Volume 1, Issue 6, October 2020, pp 941-953. Universitas Mercu Buana, Jakarta.

Siregar, Rudi Gunawan. (2020), Studi Pustaka Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian : Harga, Promosi, Kepercayaan, Citra Merek Dan Kualitas Produk Pada Toko Online Gudanggrosiran.Com. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial Volume 1, Issue 2, Juli 2020, pp 560-672. Universitas Mercu Buana, Jakarta.

Toviani, Tania dan Indriyanti, Irma Satya. (2017), Pengaruh Brand Evaluation, Trust, Satisfaction, Brand Relationship, Brand Affect, Dan Brand Image Terhadap Brand Loyalty Sabun Mandi Antiseptik. JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI Vol. 19, No. 1a, November 2017, Issue 4, Hlm. 243-248.

Wijaya, Angga Pandu andAnnisa, Intan Tri. (2020), The Influence of Brand Image, Brand Trust and Product Packaging Information on Purchasing. Decisions Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol. 18 No. 1 (2020) pp. 24-35

Wulandari, Rizky Dessy dan Iskandar, Donant Alananto. (2018), Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Vol.3, No.1 Februari 2018: 11 – 18, Jakarta.

Published

2021-03-20