PENERAPAN METODE ACTIVITY BASED COSTING DALAM PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA PERUSAHAAN QUEEN TOP BAKERY DI KABUPATEN PATI JAWA TENGAH TAHUN 2019

Penulis

  • Natasya Rahma R.E universitas islam lamongan

Kata Kunci:

Activity Based Costing, Harga Pokok Produksi

Abstrak

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk untuk mengetahui penentuan harga pokok produksi dengan metode perusahaan, untuk mengetahui penentuan harga pokok produksi dengan menggunakan metode Activity Based Costing dan untuk mengetahui perbandingan perhitungan harga pokok produksi metode perusahaan dengan metode activity based costing pada perusahaan Queen Top Bakery.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Metode kuantitatif dilakukan dengan mendeskripsikan data produksi, data pemakaian bahan baku, data biaya tenaga kerja langsung, dan data biaya Overhead Pabrik pada perusahaan Queen Top Bakery.

 

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan Sistem Tradisional memberikan hasil yang lebih rendah dibandingkan sistem Activity Based Costing dikarenakan sistem tradisional hanya membebankan satu cost driver saja pada masing-masing produk sedangkan sistem Activity Based Costing membebankan banyak cost driver sehingga mampu mengalokasikan biaya aktivitas ke setiap jenis produk secara

Referensi

Agustami, Silviana, Dedi Irawan. 2014. Analisis Perbandingan Sistem Tradisional Dengan Sistem Activity Based Costing Dalam Perhitungan Harga Pokok Produksi Di PT. Pindad (PERSERO). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Vol.2 No.1 2014. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ahmad, Firdaus Dunia dan Wasilah Abdullah. 2012. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Apriyani, Evi dan Jayana Salesti. 2017. Analisa Penerapan Activity Based Costing System Dalam Menentukan Harga Pokok Produksi Project ROV’s Pada PT.Oceaneering. Jurnal Aplikasi Manajemen dan I novasi Bisnis. E-ISSN 2252-5394 Vol.11 No.1:51-64 Maret 2017. Universitas Riau Kepulauan. Batam

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Blocher, Edward J., Kung H. Chen., Gary Cokins., dan Thomas W. Lin. 2007. Manajemen Biaya: Pendekatan Strategis. Terjemahan: Tim Penerjemah Penerbit Salemba. Jakarta: Salemba Empat.

Bustami, Bastian. 2013. Akuntansi Biaya. Edisi kedua. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Carter.K William. 2009. Akuntansi Biaya. Buku 1. Edisi Keempat Belas, Jakarta: Salemba Empat.

Carter,K William. 2014. Akuntansi Biaya. Diterjemahkan oleh Krista. Buku 1. Edisi Keempat Belas. Jakarta: Salemba Empat

Dwiningsih, Sri. 2018. Penerapan Activity Based Costing Dalam Penentuan Harga Pokok Produksi Pada Industri Roti Cempaka Mulia. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis. E-ISSN (online) 2621-3230 Vol.1 No.1 Agustus 2018. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kartanegara. Malang

Hansen dan Mowen. 2006. Buku I Management Accounting Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat.

Hidayat, Nurul dkk. 2013. Penentuan Tarif Jasa Rawat Inap dengan Menggunakan Activity Based Costing System (ABCS) di Rumah Sakit Paru BP4 Pamekasan (Balai Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit Paru), 1-19.

Mulyadi. 2015. Akuntansi Biaya, Edisi 5. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN

Kapojos, Rebecca. Jullie J.Sondakh., dan Stanley K.W. 2014. Penerapan Metode Activity Based Costing Dalan Penentuan Harga Pokok Produksi Pada Perusahaan Roti Lidya. Jurnal EMBA. ISSN 2303-1174 Vol.2 No.2 Juni 2014. Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Unduhan

Diterbitkan

2020-09-01

Terbitan

Bagian

Artikel