ANALISA PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENUNJANG PEMBERIAN KREDIT PADA PT. BPR JATIM BANK UMKM JATIM CABANG LAMONGAN

Penulis

  • Dita Komala Sari universitas islam lamongan

Kata Kunci:

Sistem Informasi akuntansi, Pemberian Kredit

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi dalam proses penunjangan pemberian kredit dan untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi dalam menjalankan fungsinya pada PT BPR JATIM Bank UMKM JATIM Cabang Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Deskriptif kualitatif. Metode analisis data yang digunakan yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi pada pemberian kredit di PT BPR JATIM Bank UMKM JATIM Cabang Lamongan telah menerapkan sistem informasi akuntansi pemberian kredit sesuai dengan prosedur yang ada. keseluruhan proses dan alur sistem informasi akuntansi tersebut dilakukan berdasarkan buku aturan atau prosedur  SOP ( standar operasional prosedur ) perusahaan. Penerapan sistem informasi akuntansi dalam menjalankan fungsinya telah menerapkan prosedur yang sesuai dengan fungsinya pada PT. BPR JATIM Bank UMKM JATIM Cabang Lamongan.

Referensi

A Hall, James. 2011. Sistem informasi Akuntansi. Edisi 4. Jakarta : Salemba Empat.

Abdullah, Thamrin, dan Francis, Tantri. 2012. Bank dan Lembaga Keuangan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Edisi revisi keenam. Rineka Cipta, Jakarta Pusat.

Budijayanto Dharmawan Esa. 2012. Sistem Akuntansi Pemberian Kredit Pada PD. BPR BKK Ungaran Kabupaten Semarang. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Firdaus Hamta dan Merry Tumiar Manullang. 2018. Analisa Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Mendukung Pengendalian Internal Pemberian Kredit Studi Kasus Pada Bank Perkreditan Rakyat LSE Manggala Batam. Fakultas Ekonomi, Universitas Riau Kepulauan.

Kasmir. 2012. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Kasmir. 2015. Dasar-dasar Perbankan. Edisi Revisi 2014. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Krismiaji. 2010. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Ketiga Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu YKPN, Yogyakarta.

Krismiaji. 2017. Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Pengendalian Internal, dan Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Kualitas Laporan Keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah di Pemerintahan Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA). Vol 2:4

Maryanto, Supriyono. 2011. Buku Pintar Perbankan. Yogyakarta: Andi Offset.

Mulyadi. 2010. Sistem Akuntansi. Edisi Tiga Salemba Empa, Jakarta.

Romney dan Steinbart. 2010. Sistem Informasi Akuntansi. Salemba Empat, Jakarta.

Romney, Marshal B and Paul John Steinbart. 2014. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Ketigabelas, Diterjemahkan oleh : Kikin Sakinah, Nur Safira dan Novita Puspasari, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Rudy Fachruddin dan Restu Febi Purwono. 2019. Analisa Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Mendukung Pengendalian Internal Pemberian Kredit Pada PT. Bank Tabungan Negara Di Kota Banda Aceh. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala.

Rusyda Nazirah Yunus, Dwi Saraswati dan Yunita Sari Rioni. 2019. Analisa Pengajuan Kredit Dan Pengendalian Intern Pada PT. Bank BNI Tbk Cabang Kabanjahe. Fakultas Sosial Sains, Universitas Pembangunan Panci Budi.

Steven J Tangkuman, Jenny Morasa dan Roslin Sawori. 2018. Analisa Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Menunjang Pengendalian Internal Pembiayaan Kredit Usaha Mikro Pada PT. Bank Sulutgo. Fakultas Ekonomi, Universitas Sam Ratulangi.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif, Albeta Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung

Treesje Runtu, Grace B. Nangoi dan Mulyati Primagama. 2018. Analisa Penerapan Sistem Pengendalian Internal Pemberian Kredit Usaha Kecil Menengah Pada PT. Bank Tabungan Negara Cabang Ternate. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-15

Terbitan

Bagian

Artikel