ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI JASA TITIP KALANGAN MAHASISWA DI KELURAHAN SUKOMULYO

Penulis

  • Wafrotul Athiyyah universitas islam lamongan

Kata Kunci:

Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Keputusan Pembelian

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap Keputusan Pembelian Melalui Jasa Titip Kalangan Mahasiswa Di Kelurahan Sukomulyo, serta untuk mengetahui variable mana yang lebih dominan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian secara online.

Analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Berganda, Korelasi Berganda, Koefisiensi Determinasi, Uji t, Uji F. Populasi di dalam penelitian ini adalah kalangan Mahasiswa di Kelurahan Sukomulyo dengan sampel 93 Responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Adapun variable independen dalam penelitian ini adalah Keputusan Pembelian sedangkan variable dependen adalah Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas informasi.

Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil uji t (parsial) diperoleh t hitung variabel Kepercayaan (6,367), Kemudahan (4,510), dan Kualitas Informasi (4,914) yang masing-masing secara parsial memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) karena masing-masing t hitung variabel lebih besar dari t tabel (1,986), Dari hasil Uji F (simultan) nilai Fhitung sebesar 100,955 nilai tersebut lebih besar dari Ftabel yaitu sebesar 2,71 Karena nilai Fhitung > Ftabel maka dapat dikatakan ada pengaruh yang signifikan secara simultan variabel Kepercayaan (X1) ,Kemudahan (X2) dan Kualitas Informasi (X3) terhadap Keputusan pembelian (Y), Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh Y= -0,321 + 0,675  + 0,508 + 0,578 + e, dari hasil tersebut maka variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian adalah variabel kepercayaan (X1) yaitu 0,675.

Referensi

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Semarang.

Hendra., Ayuningtyas. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management, 15th edition. New Jersey: Pearson Education Limited. England.

Nawangsari, Sri., Karmayanti, Yelsi. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Online Shop YLK.Store). Jurnal STMIK Atma Luhur Pangkalpinang.

Rozieqy., Arifin. (2018). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan, Kualitas Informasi dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembeliaan Secara Online Pada Shopee.co.id. Jurnal Ilmiah Riset.

Rahayu, Puspita Dewi., Djawoto. (2017). Pengaruh Kemudahan, Kepercayan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Tokopedia. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Riset Manajemen.

Rinabi. (2019).What Is The Most Influential Factor On Decisions Using Youtube As A Tool to Support Buy or Sell Means? (Case Study Surabaya City and Surrounding Area.Journal of Theoretical and Applied Information Technology.

Rohma, Hariyanti., Fataron, Zuhdan Ady. (2019). Effect Analysis of Trust, Ease, Information Quality, Halal Product on Online Purchase Decision of 2016-2018 Batch Students of Islamic Economics Study Program in UIN Walisongo at Shopee Marketplace. Journal of Digital Marketing and Halal Industry.

Susanto, Azhar. (2017). Sistem Informasi Akuntansi – Pemahaman Konsep Secara Terpadu .Cetakan Pertama. Lingga Jaya. Bandung.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Triana, K. S., Kurniawan, P. S., Dewi, P. E. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kebermanfaatan, Computer Self Efficacy, dan Kesesuaian Tugas Terhadap Penggunaan Sistem Keuangan Desa (Studi Kasus Pada Desa-Desa Penerima Dana Desa Se-Kabupaten Buleleng). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi.

Tulodo, B. A., Solichin, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Care dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-15

Terbitan

Bagian

Artikel