Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Marketplace Blibli di Kota Padang

Authors

  • Rini Fitri Yanti Universitas Baiturrahmah padang
  • Harry Wahyudi Universitas Baiturrahmah padang
  • Amrullah Amrullah Universitas Baiturrahmah padang

Keywords:

Purchase Decision, online customer review and online customer review

Abstract

The purpose of this research is to examine the effect of Online Customer Review and Online Customer Rating on Purchase Decisions of Blibli Marketplace Customers in Padang City. This type of research is a quantitative approach, the population in this study is all customers who use the Blibli marketplace in the city of Padang. The research sample is 100 respondents. The technique of collecting research data is through a questionnaire with a Likert scale. The results of the study show that online customer reviews and online customer ratings simultaneously and partially have a positive and significant effect on purchasing decisions of Blibli marketplace customers in Padang City.

References

Andriani, Femi. 2021. Pengaruh Iklan Daan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia. JIMEN Jurnal Inovasi Mahasiswa Manajemen, Vol 1, No 3.

Aradatin, Sukron Ali Al, dkk. 2021. Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP Kediri.

Ardianti, A, N. Widiartanto. 2019. Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (studi pada mahasiswa aktif Fisip Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 8, No 2, PP 55-66,Apr 2019.

Arfah, Yenni. 2022. Keputusan Pembelian Produk. Padang Sidimpuan: PT Inovasi Pratama Internasional.

Auliya, Z, F. Moh, R, K, U. & Septi.K.P. 2017. Online Customer Review(OTRs) dan Rating: Kekutan Baru pada Pemasaran Online di Indonesia Online Customer Reviews (OTRs) dan Rating New Era in Indonesia Online Marketing. Ebbank, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 8 No.1 : 25-33.

Banjarmahor, A, R, dkk. 2021. Manajemen Komunikasi Pemasaran. Penerbit: Yayasan Kita Menulis.

Calvin, Junio. 2021. Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Marketplace Shopee di DKI Jakarta (studi pada Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gle)

Elsasari, F. Herlyana. 2021. Pengaruh Online Customer Review, Rating, dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fahmi, Irham. 2016. Perilaku Konsumen. Penerbit: Alfabeta, Bandung.

Firmansyah, M. Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (edisi 8). Semarang : Penerbit Unuversitas Diponegoro.

Gunawan, Didik. 2022. Keputusan pembelian konsumen Marketplace Shopee Berbasis Sosial Media Marketing. Padang Sidimpuan: PT Inovasi Pratama Internasional

Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. 2020. Analisis Pengaruh Online Customer Review , Online Customer Rating , dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga. Jurnal Teknik Its, 9(2), 234–239.

Hartanto, B., & Indriyani, L. 2020. Minat Beli Di Marketplace Shopee. Padang Sidimpuan: PT Inovasi Pratama Internasional.

Hidayati, N. L. 2018. Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 06(03), 77–84.

Ichsan, M., Jumhur, H. M., & Dharmoputra, S. 2018. Pengaruh Consumer Online Rating and Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia Di Wilayah Dki Jakarta. E-Proceeding of Management, 5(2), 1828–1835.

Irwansyah, R. Dkk. 2021. Perilaku Konsumen. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Julianti, & Aini, Y. 2019.The Authors. Published by Cano Ekonomos. (1), 99–106.

Kotler, P,. & Amstrong, G. 2018. Principles Of Marketing. Edisi 15 Global Edition Pearson.

Nainggolan, N, T. Dkk. 2020. Perilaku Konsumen Di Era Digital. Yayasan Kita Menulis.

Priangga, I. Munawar, F. 2021. Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Lazada (studi pada mahasiswa di Kota Bandung). Jurnal Bisnis Manajemen & Ekonomi, Vol 19 No.2.

Putri, L. Wandebori, H. 2016. Factor Influencing Cosmetics Purchase Intention In Indonesia Based On Online Review.

Rakhma, A, F. Pardiman. Hatneny, A, I. 2021. Pengaruh Product Knowledge, Brand Image, dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee (studi pada customer marketplace shopee di Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Tantrabundit, P. 2019. Influence of Online Review and Rating System towards Consumer Preferences in Hospitality Sector Influence of Online Review and Rating System towards Consumer Preferences in Hospitality Sector. Journal of Business Diversity, 18(May), 1–18.

Wijaya, Andi. 2022. The Art Of Digital Marketing Strategi Pemasaran Generasi Milenial. Bandung: CV Media Sains Indonesia

Yayan. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Toko Hepi Fashion Branded Cikarang Pusat Bekasi (studi kasus di Toko Hepi Fashion Branded Cikarang Pusat Bekasi). Jurnal Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Pelita Harapan.

Yulianti, F. Lamsah. Periyadi. 2019. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Downloads

Published

07-02-2023

How to Cite

Fitri Yanti, R., Wahyudi, H., & Amrullah, A. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Marketplace Blibli di Kota Padang. Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 376–386. Retrieved from https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/Semnas/article/view/1516