PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENINGKATAN PASIEN RAWAT INAP DI RSI NASHRUL UMMAH LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.30736/jpim.v3i1.149Abstract
Penelitian pengaruh kualitas pelayanan pasien BPJS terhadap peningkatan pasien rawat inap BPJS di RSI Nasrul Ummah Lamongan bertujuan mengetahui kualitas pelayanan yang terdiri dari keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, serta bukti fisik berpengaruh secara parsial maupun secara simultan.Dan variabel manakah yang berpengaruh paling dominan terhadap peningkatan pasien rawat inap BPJS di RSI Nashrul Ummah Lamongan. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pasien baik secara parsial maupun simultan. Secara parsial, sebaiknya variabel Responsives dan Assurance perlu dievaluasi serta lebih ditingkatkan karena tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pasien di RSI Nashrul Ummah Lamongan.
References
Munif Efendi. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Klinik Medika Islam Kranji Paciran Lamongan. Lamongan: Universitas Islam Lamongan.
Sri Fitriyani. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pasienpengguna Bpjs Di Rawat Inap Rsud Dr. Moewardi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta. __________. 2015. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto. 2013. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. CAPS. Yogyakarta Tjiptono F. 2015. Pemasaran Jasa (prinsip, penerapan, penelitian). Yogyakarta: ANDI.
Totok Supriyanto. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Medis Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Rsi Nashrul Ummah Lamongan. Lamongan: Universitas Islam Lamongan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat akses terbuka untuk umum dan untuk Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit