ANALISIS SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING UNTUK MERUMUSKAN STRATEGI PEMASARAN GLOBAL PADA UKM KACANG MEDE “BAWANG MAS” SURABAYA

Penulis

  • Aisa Diaz Adhe Lusinta Universitas Islam Lamongan
  • Titin Titin Universitas Islam Lamongan
  • Luluk Nur Azizah Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v4i2.249

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis segmenting, targeting dan positioning untuk dapat merumuskan strategi pemasaran global pada UKM Kacang Mede “Bawang Mas†Surabaya dengan menggunakan populasi berupa data faktor internal dan faktor eksternal pada usaha tersebut yang diambil dari 30 responden. Untuk mengetahui seberapa pengaruhnya penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan pada pimpinan usaha UKM Kacang Mede “Bawang Mas†Surabaya. Hasil dari penelitian ini dianalisis segmenting, targeting dan positioning pada usaha ini lalu dilanjutkan dengan metode analisis SWOTAnalisis strategi segmentasi pasar, target pasar dan posisi produk dengan menggunakan analisis SWOT untuk merumuskan strategi pemasaran Global pada UKM Kacang Mede “Bawang Mas†Surabaya yaitu berasal dari hasil analisis SWOT dengan skor kekuatan (strength) 2.25 ; kelemahan (weakness) 1.29 ; peluang (opportunities) 2.68 ; ancaman (treath) 0.66. Dari hasil perhitungan tersebut dapat dilihat dari selisih skor kekuatan dan kelemahan yang mana nilai skor kekuatan lebih tinggi dari nilai skor kelemahan dengan selisih sebesar 0.96. Sedangkan selisih nilai skor peluang dan ancaman yang mana nilai skor tertinggi adalah peluang dengan selisih sebesar 2.02.Dari hasil tersebut dapat diketahui dalam diagram kuadran analisis SWOT bahwa posisi usaha pada titik kuadran I .  Sehingga dapat disimpulkan bahwa UKM Kacang Mede “Bawang Mas†Surabaya telah berada pada jalur yang tepat dengan terus melakukan strategi agresif untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pasarnya.

 

Kata Kunci: Segmenting, Targeting, Positioning, Analisis SWOT, Strategi Pemasaran Global, Perluasan Pasar, UKM

 

Referensi

Aaker , David A. 2013 . Manajemen Pemasaran Strategi . Edisi Ke-8. Selemba Empat. Jakarta.

Astina, Sylvia Tri, Sunarti, dan M. Kholid Mawardi. 2016. Analisis Segmentation, Targeting, dan Positioning dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Melalui Strategi Pemasaran di took Pia Cap Mangkok Semeru.

Fidiyati, Nur, Jamaludin Malik, dan Leonardo Budi. 2017. Strategi Pemasaran Industri Mabel dalam Menembus Pasar Global Melalui Analisis SWOT pada CV Mandiri Abadi Jepara.

Kasali, Rhenald. “Membidik Pasar Indonesia :Segmentasi, Targeting dan Positioning†. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama 1998

Limakrisna, Nandan . 2012. Manajemen Pemasaran : Teori dan aplikasi dalam bisnis. Edisi Pertama. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Mahfud, Judin.2014. “Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif pada UD Damai 4 Gresikâ€.

Mizrahi, Olga . 2015. “Sell local, Think Globalâ€. Solo. Penerbit : Tiga Serangkai

Nugroho, Agung Setyo. 2016. Penerapan Strategi Segmentasi Pasar dan Positioning Produk dengan Pendekatan Analisis SWOT untuk Meningkatkan Penjualan pada UD Panji Desa Sidomulyo Kec. Deket Kab. Lamongan.

Pranoto, Eka Dharma. 2015. Business Global Survival Kit. Edisi I. Yogyakarta.: CV Andi Offset.

Ramadhan, Ahmad Dan Sofiyah, 2013. Analisis SWOT Sebagai Landasan Dalam Menentukan Strategi Pemasaran. USU.

Rangkuti, Freddy. 2004. Analisis SWOT, Teknik Membedah Kasus Bisnis. Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sari, Marta Widian. 2015. Analisis Segmenting, Targeting dan Positioning untuk Merumuskan Strategi Pemasaran Regional pada UMKM Christine Hakim di Padang.

Slideshare, 2014. “Manajemen Pemasaran Global Internasionalâ€. https://www.slideshare.net . di akses pada 10 Januari 2019.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis :Pendekatan kuantitatif , kualitatif dan R&D . Cetakan ke-18. Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Hal. 99-102.

Thidi, 2017. “Implementasi Strategi Bisnis Perencanaan Pemasaran Produk Dan Jasa†https://www.thidiweb.com, di akses pada 15 Juni 2019.

Tjiptono, Fandy. 2016. Pemasaran : Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET

UU No. 20 Tahun 2008 tentang koperasi dan UMKM . Diakses pada tanggal 22 oktober 2018.

Wajidi, M. Farid. 2013. “Perspektif Pemasaran Global Dalam Bisnis Internasionalâ€. Prodi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wikipedia, 2019. “Usaha Kecil dan Menengahâ€. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Usaha_Kecil_dan_Menengah . di akses pada 15 Januari 2019

Unduhan

Diterbitkan

2019-06-10

Cara Mengutip

Lusinta, A. D. A., Titin, T., & Azizah, L. N. (2019). ANALISIS SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING UNTUK MERUMUSKAN STRATEGI PEMASARAN GLOBAL PADA UKM KACANG MEDE “BAWANG MAS” SURABAYA. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 4(2), 907–920. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i2.249

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama