PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU NIKE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN

Penulis

  • Luluk Nur Azizah Fakultas Ekonomi

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v2i2.48

Abstrak

Citra merek merupakan faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian suatu produk dengan faktor-faktor yang mempengaruhi diantaranya:  (1)  faktor  asosiasi  keunggulan,  (2)  faktor  asosiasi  kekuatan,  (3) faktor asosiasi keunikan. Sedangkan keputusan pembelian suatu produk sangat dipengaruhi oleh penilaian akan kualitas dari produk tersebut. Keputusan pembelian juga sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor diantaranya: (1) faktor kebudayan, (2) faktor sosial, (3) faktor pribadi, (4) faktor psikologi. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek sepatu Nike terhadap  pengambilan  keputusan  pembelian sepatu  Nike pada mahasiswa FE Universitas Islam Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional menggunakan metode survei dengan instrumen angket yang berisi butir pernyataan untuk memperoleh data tentang citra merek (brand image) dan data tentang pengambilan keputusan. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa FE Universitas Islam Lamongan tahun akademik 2014/2015 sebanyak 600 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini diperoleh sampel 50 mahasiswa. Nilai validitas  instrumen  sebesar  0,840  dan  reliabelitasnya  sebesar  0,923.Teknik analisis data menggunakan uji F pada taraf signifikasi 5 %. Dari hasil penelitian diperoleh dari citra merek sebanyak 21 responden (42%) masuk dalam katagori tinggi, untuk 29 responden (58 %) masuk dalam kategori sedang. Sedangkan untuk keputusan pembelian diperoleh 17 responden (34 %) masuk dalam katagori sedang, untuk 32 responden (64%) masuk dalam katagori sedang, dan 1 responden (2%) masuk dalam katagori rendah. Kemudian diperoleh   harga F hitung 29,689 > F tabel  (4,04) dan Rhitung  = 0,618 > R(0.05)(49) = 0,231, hasil tersebut disimpulkan ada pengaruh citra merek (brand image) sepatu Nike terhadap pengambilan keputusan pembelian sepatu Nike pada mahasiswa FE Universitas Islam Lamongan. Besarnya sumbangan citra merek terhadap keputusan pembelian diketahui nilai r2sebesar 0,328, sehingga besarnya sumbangan sebesar 38,2 %, sedangkan sisanya sebesar 61,8 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam variabel penelitian.

Keywords : citra merek, pengambilan keputusan, sepatu nike

Unduhan

Diterbitkan

2017-06-01

Cara Mengutip

Azizah, L. N. (2017). PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU NIKE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 2(2), 8 Halaman. https://doi.org/10.30736/jpim.v2i2.48