PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, PROFITABILITAS DAN AKTIVITAS TERHADAP PERTUMBUHAN LABA

Authors

  • Istanti dwi agustina universitas islam lamongan

Keywords:

Pertumbuhan Laba, Rasio Aktivitas, Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, Rasio Solvabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rasio likuiditas, solvabilitas, profitabilitas dan aktivitas terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Pengolaan data menggunakan windows SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel rasio solvabilitas dan aktivitas berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba, sedangkan secara parsial variabel likuiditas dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba. Secara simultan variabel rasio likuiditas, solvabilitas, profitabilitas dan aktivitas berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba dan rasio solvabilitas berpengaruh paling dominan terhadap pertumbuhan laba.

References

Bursa Efek Indonesia. 2020. Financial Statement & Annual Report. (Online). (www.idx.co.id). Diakses 6 Oktober 2020.

Ghozali, Imam H. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 25. Badan Penerbit Ilmu Dipenegoro, Semarang.

Harahap, Sofyan Syafri. 2016. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Edisi 1, Cetakan 13. Rajawali Pers, Jakarta.

Hery. 2016. Analisis Laporan Keuangan Integrated and Comprehensive Edition. Gramedia, Jakarta.

Puspasari, Mita Febriana dkk. 2017. Pengaruh Current Ratio Debt To Qequity Ratio Total Asset Turnover Net Profit Margin dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pertumbuhan Laba. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia. Volume 11; 121-133.

Putri, Tyka Melinda. 2019. Pengaruh Current Ratio Total Asset Turnover dan Return On Asset Terhadap Pertumbuhan Laba. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 8; 6.

Qurani, Zarra R A dan Hendratno. 2019. Analisis Pengaruh Debt To Equity Ratio Current Ratio dan Net Profit Margin Terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan. Jurnal Akuntansi Audit dan Sistem Informasi Akuntansi. Volume 3;1.

Rantika, Dita Ridia dan Budiarti, Anindhyta. 2016. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Pertambangan Logam di BEI. Juranal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 5;6.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-27. Alfabed, Bandung.

Suyono dan Marina. 2020. Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2013-2017. Jurnal Ilmia Akuntansi. Volume 4; 1.

Published

2021-09-15

Issue

Section

Artikel