PENGARUH PERPUTARAN KAS DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP LIKUIDITAS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERDAGANGAN BESAR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2018

Penulis

  • Mirna Islamiyah Universitas Islam Lamongan

Kata Kunci:

Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Likuiditas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh perputaran kas dan perputaran piutang terhadap likuiditas pada perusahaan sub sektor perdagangan besar yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2017-2018. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif. Jumlah populasi penelitian ini yaitu 37 perusahaan perdagangan besar dengan jumlah sampel sebanyak 13 perusahaan yang ditentukan dengan cara pruposive sampling. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan data sekunder dan teknis analisis data menggunakan program SPSS versi 25. Analisis data menggunakan uji statistik deskriptitif, asumsi klasik, regresi linear, uji T, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bawah secara persial dan secara simultas variabel perputaran kas dan perputaran piutang tidak berpengaruh terhadap likuiditas.

Referensi

Ghozali, Imam H. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat, Rahmad. 2018. Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Terhadap Tingkat Likuiditas Pada Perusahaan Perdagangan Besar Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen. Vol 4 No 2.

Indriani, D., Ventje, I. dan I, G. S. 2017. Pengaruh Perputaran Piutang Dan Arus Kas Terhadap Likuiditas Pada Perusahaan PT. ASTRA INTERNASIONAL.TBK. Jurnal EMBA. Vol.5 No.1.

Indrayenti, dan Siska, N. 2016. Pengaruh Tingkat Pertumbuhan Penjualan dan Perputaran Piutang Terhadap Likuiditas Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012-2014. Jurnal Akuntansi & Keuangan. Vol 7 No 2.

Mamullang, H. I. S., Enda, N. S., Desy. O., Dessy, K. P., Winarti, H., dan Maritta H. 2019. Pengaruh Perputaran Kas, Modal Kerja dan Perputaran Piutang Terhadap Likuiditas (Current Ratio) Pada Perusahaan Cunsumer Good yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah ESAI. Vol 13 No 2.

Octarini, N. M., Noviansyah, R. dan Fetri, S. L. 2019. Pengaruh Perputaran Piutang Dan Perputaran Kas Terhadap Likuiditas Perusahaan Perdagangan sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2016-2017. Jurnal Progres Conference. Vol 2.

Rr. Iramani, 2014. Modul statistik 2: Surabaya, STIE Perbanas Surabaya.

Runtulola, R., Sri, M. dan Joy, E. T. 2018. Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Terhadap Likuiditas Pada Perusahaan Finance Institution Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Periode 2013-2017). Jurnal EMBA. Vol 6 No 4.

Sholikha, F. R. A. 2016. Pengaruh Modal Kerja, Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Terhadap Likuiditas Pada Perusahaan yang terdaftar di bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi. Lamongan: Program Prascasarjana Universitas islam Lamongan.

Suharti dan Theofani. M. S. 2019. Pengaruh Perputaran Piutang dan Pengaruh Perputaran Kas Terhadap Likuiditas pada perusahaan tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Jurnal ilmiah akuntansi. Vol 3 No3.

Suharti dan Yuniati, 2018. Pengaruh Perputaran Piutang dan Perputaran Kas Terhadap Likuiditas Di Cv. Sinar Karya Pekanbaru. Jurnal PI BJLANEJA,Vol 2 No 4.

Syamsuddin, Lukman. 2016. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Rajawali pers.

Wijaya, Indra. 2018. Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Likuiditas Perusahaan sub sektor logam dan sejenisnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Buana Ilmu. Vol. 3 No. 1.

drwww.idx.co.id

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-21

Terbitan

Bagian

Artikel