ANALISIS PENGENDALIAN INTERN ATAS PERSEDIAAN OBAT PADA APOTEK GAMMA FARMA KECAMATAN DEKET KABUPATEN LAMONGAN

Penulis

  • Novita puspitasari hamna Universitas Islam Lamongan

Kata Kunci:

pengendalian intern, persediaan.

Abstrak

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengendalian intern atas persediaan, mengetahui efektivitas pengendalian intern dan pengelolaan atas persediaan barang dagang dan obat-obatan pada Apotek Gamma Farma. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan alat pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan kepustakaan., Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan pada Apotek Gamma Farma sudah mempunyai struktur organisasi yang cukup fungsional dan sudah terdapat pemisahan tugas, namun masih sering terjadi perangkapan tugas. Apotek juga melakukan penaksiran resiko dengan melakukan metode FIFO dan kegiatan stok opname, dan memperhatikan peraturan pemerintah. Pengendalian intern atas persediaan barang dagangan pada Apotek Gamma Farma belum cukup untuk dikatakan efektif.

Referensi

Agoes, Sukrisno. 2017. Auditing. Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik. Salemba Empat, Jakarta.

Krismiaji. 2015. Sistem Informasi Akuntansi Edisi Empat. UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Maisaroh, Yusrin, Rijalus dan Sarah. 2019. Analisis Pengendalian Barang Dagag Pada CV PP Lumajang. Jurnal kebaruan dan kode etik penelitian. Lumajang, jawa timur.

Mulya, Hadri. 2013. Memahami Akuntansi Dasar Pendekatan Teknis Siklus Akuntansi Edisi Tiga. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Puspitasari dan Haryani, 2018. Analisis Pengendalian Intern Pada Sistem Pengendalian Barang Dagang Studi Kasus Rown Division Di Surakarta. Jurnal ADVANCE, Vol 5 No. 2, Desember 2018.

Sari, A.R, Defia dan Supami 2017. Akuntansi Keuangan Berbasis PSAK. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2020-09-01

Terbitan

Bagian

Artikel