PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN MOTIVASI BERORGANISASI TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI ANGGOTA (STUDI PADA KPRI “BAHAGIA SUGIO)
Keywords:
Kualitas pelayanan, motivasi berorganisasi, tingkat partisipasi anggotaAbstract
Koperasi membutuhkan partisipasi yang aktif dari anggotanya untuk keberhasilan suatu koperasi. Tingkat partisipasi anggota koperasi dipengaruhi oleh berbagai hal salah satunya adalah kualitas pelayanan dan motivasi berorganisasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah anggota KPRI “Bahagia†dengan sampel yang diporeh sebanyak 75 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji korelasi, uji determinasi, uji T, dan uji F.
Berdasarkan dari hasil uji t penelitian secara parsial variabel kualitas pelayanan dan motivasi berorganisasi berpengaruh terhadap tingkat partisipasi angggota Dari hasil uji f secara simultan variabel kualitas pelayanan dan motivasi berorganisasi berpengaruh terhadap tingkat partisipasi anggota. Dan dari persamaan rgresi linier berganda variabel kualitas pelayanan berpengaruh paling dominan terhadap tingkat partisipasi anggota KPRI “BAHAGIA†Sugio.References
Anoraga, Pandji. 2019. Dinamika Koperasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Joesron, Tati Suhartati. 2015. Manajemen Strategik Koperasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ropke, Jochen. 2018. Ekonomi Koperasi; Teori dan Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Santoso, S. 2015. SPSS20 Pengolahan Data Statistik di Era Informasi, Jakarta, PT. Alex Media Komputindo, Kelompok Gramedia.
Sitio, Arifin dan Halomoan Tamba. 2001. Koperasi Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfa Beta
Sukamdiyo, Ign. 1996. Manajemen Koperasi. Jakarta : Erlangga.
Tjiptono, Fandy. 2018. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontenporer. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Uno, Hamzah. 2018. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Widiyanti, Ninik. 2018. Koperasi dan Perekonomian Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.