ANALISIS YANG MEMPENGARUHI PENJUALAN AIR MINUM ISI ULANG PADA DEPO ISI ULANG GADING BERLIAN

Penulis

  • fery radiansyah Universitas Islam Lamongan

Kata Kunci:

Kualitas Air, Distribusi, Pelayanan, Promosi, Penjualan

Abstrak

Air merupakan salah satu sumber kehidupan yang banyak fungsi dan gunanya. Bahkan air bisa digolongkan dalam kebutuhan primer dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Salah satu diantaranya adalah sebagai air mineral ataupun air minum. Tujuan penelitian ini mengetahui, pertama apakah kualitas air, distribusi, pelayanan, dan promosi berpengaruh secara parsial terhadap penjualan. Kedua, apakah kualitas air, distribusi, pelayanan, dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap penjualan. Dan ketiga, manakah diantara variable kualitas air, distribusi, pelayanan, dan promosi yang paling dominan berpengaruh terhadap penjualan, penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dan memiliki populasi sebanyak 147 dan sampel sebanyak 60 responden. Penelitian ini menggunakan hipotesis dengan metode analisa data uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji-t, uji-F.

Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel variasi kualitas air (X1), distribusi (X2), pelayanan (X3) dan promosi (X4) dengan hasil signifikan berpengaruh terhadap penjualan (Y). Secara simultan variabel variasi kualitas air (X1), distribusi (X2), pelayanan (X3), dan promosi (X4) dengan hasil signifikan berpengaruh terhadap penjualan (Y), dan promosi (X4) merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi pendapatan petani.

Referensi

Abdul Haris Romadhoni Pengaruh harga, lokasi, dan promosi terhadap keputusan konsumen dalam pembelian perumahan di PT. Gemilang Jaya Abadi.

Alma, Buchari. Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta, 2005.

Assauri, Sofjan, Manajemen Produksi Dan Operasi, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2008, 2004, Manajemen Pemasaran (dasar, Konsep, Strategi), Rajawali Pers,Jakarta.

Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung : Satu Nusa.

Erlangga 2001Manajemen Pemasaran Persepektif Asia, Terjemahan Tjiptono, SE. Penerbit, PT. Abdi, Yogyakarta,2000.

Freddy Rangkuti. 2013. Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Intergreted Marketing Communication. jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Frans M. Royan. 2007. Smart Launching New Product: Strategi Jitu Memasarkan Produk Baru. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ibrahim, Yacob, Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta: Rineka Cipta. 2009 Kasmir, Kewirausahaan. Jakarta: Raja Grafindo. 2006.

Ika susulawati.(2012) strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan toko bag corner Kotler,Philip, Manajemen Pemasaran. Indonesia, Jakarta.

Jaya Cemerlang. 2009 , Manajemen pemasaran Analisis perencanaan dan pengendalian, Terjemahan Joko warsana, Edisi Keenam. Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2021-11-15

Terbitan

Bagian

Artikel