ANALISA BIAYA BAHAN BAKU DAN BIAYA OVERHEAD TERHADAP PENDAPATAN USAHA PADA PABRIK TAHU APL DIDESA NGELEBUR KEDUNGPRING LAMONGAN

Penulis

  • Rina Agustin Universitas Islam Lamongan

Kata Kunci:

Biaya Bahan Baku, Biaya Overhead, Pendapatan.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial, simultan dan dominan Biaya Bahan Baku (X1) dan Biaya Overhead (X2) terhadap Pendapatan Usaha (Y). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah uji asumsi klasik menunjukkan tidak terjadi kasus tnormalitas, multikolonieritas, autokorelasi ataupun heteroskedastisitas sehingga data tertdistribusi normal. Dari Regresi linier berganda menunjukkan kombinasi antara variabel biaya bahan baku serta biaya overhead memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan pendapatan. Uji t menunjukkan ada pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap pendapatan usaha. Uji f menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara biaya bahan baku dan biaya overhead terhadap pendapatan usaha. Dari Koefisien determinasi menunjukkan biaya bahan baku dan biaya overhead secara simultan berpengaruh terhadap pendapatan usaha.

Referensi

Azizah, L. N. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 2(2), 8-Halaman.

Carter,Wiliam K.2016.Cost Accounting Buku 1 Edisi ke 14.Jakarta.Salemba Empat.

Mulyadi. 2016. Akuntansi Biaya, Edisi 5. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta.

Mulyadi.2016.Akuntansi Biaya Edisi Ke 5.Yogyakarta:Unit Penerbit dan Percetakan SekolahTinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Mulyadi.2017.AkutansiBiaya.Yogyakarta:Universitas Gajah Mada.1981.Akutansi Biaya.Yogyakarta:Universitas Gajah Mada.

Swastha,Bashu dan Irawan.2016.Manajemen Pemasaran Modern Edisi ke 2 Cetakan Ke Sebelas.Yogyakarta.Liberty Offset.

Swastha,Bashu&Irawan.2017.ManajemenPemasaranModern.Liberty.Yogyakarta

Swastha,Bashu.2017.Manajemen Penjualan Cetakan Kelima.BFSE.Yogyakarta.

Syahunan.2017. Manfaat Perencanaan dan Pengawasan Biaya Operasional dalam Meningkatkan Efisiensi. Fakultas Ekonomi USU. www.google.com (5 Juli 2013).2006. Makro Ekonomi. Jakarta : PT Grfindo Persada.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-15

Terbitan

Bagian

Artikel