Pengaruh Harga, Service Quality dan Emotional Factor terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Ekspedisi PT.Atlas Semesta Raya Padang

Authors

  • Resi Novita Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Baiturrahmah padang
  • Akmal Akmal Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Baiturrahmah padang
  • Mya Yuwanita Suhanda Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Baiturrahmah padang
  • Howardi Virza Adha Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Baiturrahmah padang

Keywords:

Harga, Service Quality, Emotional Factor dan Kepuasan Konsumen.

Abstract

Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja produk atau jasa yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh harga, service quality dan emotional factor terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa ekspedisi PT.Atlas Semesta Raya Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dimana bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih dengan mengambil sampel sebanyak 97 responden dikarenakan populasi yang tersebar dan berubah-ubah jumlahnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner dengan skala likert. Berdasarkan hasil perhitungan aplikasi program SPSS dari uji t diperoleh variabel harga dengan nilai t hitung 2,149 > t tabel 1,661 dan nilai sig 0,034< 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Pada variabel service quality nilai t hitung nya 2,384> t tabel 1,1661 dan nilai sig 0,019< 0,05 yang artinya H2 diterima dan H0 ditolak sedangkan pada variabel emotional factor nilai t hitung nya 2,263 > t tabel 1,1661 dan nilai sig nya 0,026 <0,05 sehingga H3 diterima dan H0 ditolak. Hasil uji F probabilitas signifian F hitung 8,338 > F tabel 3,09 dengan nilai signifikannya 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa ekspedisi PT.Atlas Semesta Raya Padang. Pada penelitian ini koefisien determinasi nya yaitu 0,212 atau 21,2%. Dimana variabel harga, service quality dan emotional factor berpengaruh sebanyak 21,2% terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa ekspedisi PT.Atlas Semesta Raya Padang. Sedangkan 78,8% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas peneliti pada penelitannya

References

Arikunto. (2018). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, M., & Amanda, A. R. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran. Jakarta: Deepublish.

Buchari, A. (2017). Manajemen Pemasaran Dan Manajemen Jasa. Bandung: Alfabeta.

Candrianto. (2021). Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar. Batu: Literasi Nusantara

Fahmi, (2020). pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan ketepatan waktu terhadap kepuasan konsumen (studi pada konsumen JNE Malang). jurnal ilmiah manajemen.27.

Freddy, R. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. (2016) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM

SPSS 23 (edisi 8). cetakan VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas

Dipenogoro.

Handoko, B. (2016). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2.

Hanna, E. N. (2017). Pengaruh Kalitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Ekspedisi di Pekanbaru (Studi PT.JNE Pekanbaru). Journal Of Bussines, 52-66.

Hariyati, E. S. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek, Faktor Emosional, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pengguna Oppo Smartphone di Surakarta. journal Management, 17.

Hasan, A. (2018). Marketing dan Kasus Kasus Pilihan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Media Pressdindo.

https://pluginongkoskirim.com/cek-tarif-ongkir/

Indrasari,M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Jawa Timur : Unitomo Press

Irawan, D., & Edwin, J. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. jurnal Manajemen Pemasaran, 1-8.

Januar, E. P. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada JNE Cabang Bandung. jurnal Manajemen, 283-285.

Kasengkang, Rio, A., Sientje, N., & Jacky, S. (2016). Analisis Logistik (Studi Kasus pada PT.Remenia). jurnal Manajemen, 16.

Kawasa, A. J. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Ketepatan Pengiriman Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa JNE (Studi Kasus Kantor Cabang JNE Kebon Nanas). Skripsi, 1-2.

Kotler, & Amstrong (2016). Principles Of Marketing Sixteenth Edition Global Edition . England: Pearson Education Limited.

Kotler, & keller (2016). Marketing Management 15 edition, England. Pearson.

Kusuma, R. W. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan. jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5-6.

Lupiyoadi. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Teori Dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Malau,H. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Nasution, Satria. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Faktor Emosional Serta Biaya Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Jasa Aplikasi Jasa Gojek Di Medan. Jurnal Manajemen. 142-155

Pemerintah Indonesia. 2009. Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2009 Tentang Perusahaan Dibidang Jasa Pengiriman. Sekretariat Negara, Jakarta.

Philip , K., & Kevin , L. K. (2016). Marketing Managemen. 15 Th Edition: Pearson Education,Inc.

Priansa, Doni J (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV.Pustaka Setia.

Ritonga, Dkk. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Honda Idk 2 Medan . Jurnal Manajemen tools

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni,V. (2015). Akuntansi Manajemen. Yogyakarta : pustaka baru press

T.Soemohadiwidjojo, A. (2018). SOP dan KPI Untuk UMKM dan Star Up. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Strategik Edisi Ke-3. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi dan Gregious Chandra. 2011. Service, Quality & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Published

07-02-2023

How to Cite

Novita, R., Akmal, A., Suhanda, M. Y., & Adha, H. V. (2023). Pengaruh Harga, Service Quality dan Emotional Factor terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Ekspedisi PT.Atlas Semesta Raya Padang. Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 482–496. Retrieved from https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/Semnas/article/view/1517