PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KOMSUMEN PADA MEREK CARDINAL DI RAMAYANA BUNGURASIH SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.30736/jpim.v3i3.198Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh variabel kualitas dan harga terhadap kepuasan konsumen produk cardinal di Ramayana Bungurasih 2) Menganalisis  variabel yang memberikan konstribusi paling dominan dalam meningkatkan kepuasan konsumen produk cardinal di Ramayana Bungurasih. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan explanatory research dengan metode survei (Survey Method) dengan teknik pengambilan sample secara acak sederhana terhadap 110 responden. Teknik pengambilan data yaitu dengan angket, wawancara, survei dan dokumenter. sedangkan data yang diambil adalah data primer dan data sekunder, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Variabel Independen yaitu kualitas dan harga memiliki pengaruh baik secara simultan, yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung = 4,889 ≥ Ftabel = 3,081 dengan signifikansi = 0,009, dan secara parsial dapat dilihat dari nilai masing-masing thitung = 1,173 ≤ ttabel = 1,659 untuk variabel kualitas (x1), dan thitung = 1,958 ≥ ttabel = 1,659 untuk variabel harga (x2), yang dapat di simpulkan bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, 2) Dari kedua variabel independen yaitu kualitas produk dan harga, yang memberikan kontribusi pengaruh paling dominan adalah variabel harga.
Â
Kata Kunci : Kualitas Kerja, Harga, Kepuasan Konsumen.
References
Algifari, 2000. Analisis Regresi : Teori Konsumen & Solusi. Edisi 2. Yogyakarta: BEFE.
Arikunto, Suharsimi2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Cetakan Keempat belas, Rineka Cipta, Jakarta.
Butlle, Francis.2007 .customer Relationship Manajement. Edisi Pertama Terjemahan Arif
Subiyanto. Jakarta : Banyumedia Publishing.
Durianto, Darmadi dan Tony Sitinjak. 2001. Strategi Menaklukkan Pasar, melalui Riset ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama
Ferrinadewi, 2008. Merek dan Psikologi Konsumen ; Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta.
Griffin, jill. 2005 Customer Loyalty: menumbuhkan & mempertahankan Kesetiaan pelanggan. Edisi Revisi Dan Terbaru. Jakarta : Penerbit Erlangga
Hasan, Ali. 2008. Marketing. Media Pressindo. Yogyakarta.
Hatane, Samuel Foedjiawati .2005. Pengaruh kepuasan Konsumen Terhadap Kesetiaan Merek.(7):74-82.
Didit darmawan ,2009. dasar – dasar pemasaran .( 2000:02)
Kotler,Philip. 2003. Manejemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jilid 2. Terjemahan oleh Benyamin Molan. 2005. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler,Philip dan Keller. 2006. Manejemen Pemasaran. Edisi Kedua belas. Jilid 1. Terjemahan oleh Benyamin Molan. 2007. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga belas. Jilid 1. Terjemahan oleh Bob Sabran, MM. Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga belas. Jilid 2. Terjemahan oleh Bob Sabran, MM. Penerbit Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat dan A.Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran jasa. Jakarta: Salemba
Empat.
Maholtra, Naresh K.2004.Riset pemasaran Pendekatan Terapan.Edisi Keempat. Jilid 1. Terjemahan oleh Soleh Rusyadi Maryam.2009.Jakarta Indeks Kelonpok Gramedia.
Maholtra, Naresh K.2004.Riset pemasaran Pendekatan Terapan.Edisi Keempat. Jilid 2. Terjemahan oleh Soleh Rusyadi Maryam.2005.jakarta Indeks Kelonpok Gramedia.
Mowen, Jhon. C dan Minor, Michael. 2001. Perilaku Konsumen .Edisi kelima. Jilid 2 .Terjemahan oleh lina salim.2002. Jakarta: PT penerbit Erlangga.
Setiadi. J Nugroho. 2003 Perilaku Konsumen Konsep Implikasi Untuk Strategi Dan Penelitian Pemasaran Jakarta: Prenada Media.
Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : gramedia Pustaka Utama.
Soemanagara. 2008. Strategic Marketing Communication Konsep Strategis dan Terapan. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). alfabeta. Bandung.
Sugiyono 2010, Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Ketujuh belas, Alfabeta, Bandung.
Sumarwan, Ujang. 2004.Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran.Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.
Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Swasta, Basu dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty
Tjiptono, fandy dkk.2008. Pemasaran Strateggik Yogyakarta : Penerbit Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat akses terbuka untuk umum dan untuk Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit