PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN PERSONAL SELLING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA MULTINDO OPTIK DI KABUPATEN BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.30736/jpim.v4i1.228Abstract
Tujuan penelitian yaitu ingin mengetahui penerapan strategi pemasaran personal selling dalam meningkatkan penjualan pada Multindo Optik di Kabupaten Bojonegoro.Hipotesa dalam penelitian ini yaitu diduga penerapan strategi pemasaran personal selling dapat meningkatkan penjualan pada Multindo Optik di Kabupaten Bojonegoro.
Penelitian dilakukan di Multindo Optik di Kabupaten Bojonegoro. Â Â Â Â Â Jumlah tenaga personal Selling pada Multindo Optik di Kabupaten Bojonegoro. adalah sebanyak 5 (lima) orang, maka semua tenaga personal Selling tersebut diambil untuk diteliti. Berarti penelitian ini dinamakan penelitian populasi.
Hasil penelitian yaitu strategi pemasaran yang dilakukan Multindo Optik dan memberikan efek penjualan signifikan adalah menggunakan penjualan langsung dengan angsuran sesuai dengan kemampuan konsumen yang berpegang pada prinsip penjualan personal selling yaitu profesionalisme, negoisasi dan relationship marketing. Posisioning Multindo Optik dalam memasarkan kacamata optik di Kabupaten Bojonegoro adalah produk yang berkualitas tidak harus mahal dan sulit untuk mendapatkannya. Bauran pemasaran yang dipakai adalah produk Multindo optik dapat membantu dan mampu memecahkan masalah konsumen; harga yang dibayarkan konsumen untuk membeli produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan; produk tersebut mampu menyenangkan konsumen karena mudah diperoleh; Multindo optik melakukan komunikasi produk kepada konsumen secara benar dan tepat sasaran.
Kata kunci :Â pemasaran, personal selling, penjualanReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta
Grewal, and Keegan 2010, The Effects of Price-Comparison Advertising on Buyers', Journal of Marketing, Vol. 62
Gulo, W. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.
Handoko Hani, 2007 Manajemen Pemasaran. Balai Penerbit Fakultas Ekonomi Yogyakarta.
Husien Umar. 2011 Mengembangkan Nilai Pelanggan Airlangga, Jakarta
Machfoedz, 2012, Bauran Pemasaran Penerbit Alfa beta, Bandung,
Marius P Angipora, 2011, Dasar-Dasar Pemasaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Mittal and Angipora 2011, Customer behavior : a manajerial perspective. Thomson Learning, Amerika.
Muhtarom,Abid,et al.2018. Strategi pengembangan program ekowisata kabupaten lamongan jawa timur. http://journal.stieken.ac.id/index.php/peta/articl
Neeli and Assauri 2010, Customer’s Motivation Journal of Retailing, Vol. 78
Otfiyantoa,et al.2018. The Influence Of The Working Shift Work And Stress On The Performance Of The Employes. https://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JA/article/view/250
Philip Kotler, 2011, Manajemen Pemasaran-Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Alih bahasa Sumarno, Cetakan sembilan, Jakarta : Penerbit Erlangga
Rianawati, 2007. Analisis Perilaku Konsumen, Penerbit Alfabeta Bandung
Rutoto, Sabar. 2011. Pengantar Metedologi Penelitian. FKIP: Universitas Muria Kudus
Sartono. Agus, 2011, Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (4th ed.). Yogyakarta: BPFE.
Sugiarto, Rianawati, 2007. Perilaku Promosi dan Merek. Penerbit Alfa beta, Bandung
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta. Bandung
Swastha, Basu, 2009, Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, Fandy, 2008, Pemasaran Jasa, Bay
umedia publishing, Malang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat akses terbuka untuk umum dan untuk Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit