ANALISIS SWOT PADA DISTRIBUTOR CAT NIPPON PAINT DI WILAYAH KECAMATAN NGALIYAN KOTAMADYA SEMARANG

Djamaludin Malik

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis SWOT yang diterapkan pada distributor cat Nippon Paint di wilayah Kecamatan Ngaliyan Kotamadya Semarang. Analisis Swot adalah suatu rencana dan taktik yang sistematis dan terstruktur yang harus merupakan rencana yang dipikirkan secara matang dan sistematis, yang berkembang dari waktu ke waktu sebagai pola dari arus keputusan yang bermakna dengan mengejar pasar sasaran. Perkembangan industri cat di Indonesia memiliki potensi yang menjanjikan dalam pengembangan pangsa pasar, sehingga produsen cat di tanah air saling bersaing dalam merebut pasar. Dalam merebut pangsa pasar yang luas, perusahaan dituntut  untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam mempengaruhi keputusan pembelian tersebut guna menjadikan perusahaan yang dapat bersaing di kancah bisnis nasional.  Perubahan lingkungan persaingan dan situasi organisasi akan menyebabkan perencanaan strategi berubah. Oleh karena itu, sesuai dengan perkembangan konsep analisis SWOT. Metode penelitian dengan menggunakan metode kualitatif dan didukung oleh konsep analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang ada pada penelitian dan pembahasan mengemukakan hipotesa bahwa penerapan analisa SWOT mempengaruhi penjualan cat Nippon Paint yang mana penjualan pada  penjualannya lebih unggul dari lainnya dikarenakan perbedaan penerapan konsep SWOT.Sehingga dapat disimpulkan konsep SWOT pada cat Nippon Paint meliputi konsep kekuatan harga lebih unggul dari sejahtera dan konsep peluang dengan penerapan sistem pelayanan terpadu.Untuk itu hipotesa dapat diterima.

Kata Kunci:Kekuatan, Persaingan, dan Tantangan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, Adam, 2012. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Toshiba. fakultas ekonomi,Universitas Gunadarma.

Ali, Arifin, 2009, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, Jakarta, Gunung Agung.

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Amron, Amron. 2018. The Influence Of Image, Brand Trust, Product Quality, and Price Consumer’s Buying Decision Of MPV Cars. Economic and Business Faculty, Dian Nuswantoro Uneversity.

Andiranto, Hendra noky dan idris, 2013. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota Kijang Innova di Semarang”, Diponegoro journal of management , Volume 2, Nomor 3, Tahun 2013, Halaman 1-10.

Angipora, Marius. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kedua. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Anoraga, Pandji. 2004. Manajemen Bisnis, Cetakan Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto,S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Arnold, David, 2008, Strategi Bisnis, Jakarta, Salemba.

Asshiddieqi, fuad dan Mudiantono, 2012. “Analisi Pengaruh Harga, Desain Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Produk Crooz di Distro Ultraa Store Semarang), Diponegoro Journal Of Management, Volume 1, Nomor 1, Tahun 2012, Halaman 1-9.

Basu Swastha. 2000. Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. Jakarta: Liberty.

Kotler. P dan G. Amstrong. 2009. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kesembilan. Penerbit Prentice Hall-Inc. Jakarta.

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. 2010. Principles of Marketing, thirteen edition. Prentice Hall. New Jersey.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga .Jakarta.

Lembang, RD. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Cuaca terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi S1Reguler II Universitas Diponegoro). Tesis. Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro. Semarang.

Leon Schiffman, dan Leslie Latar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh. Indonesia: PT INDEKS. Jakarta.

Lupiyoadi, R. dan Hamdani, A. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Nugroho, Novemy Triyandari, 2015. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Kemasan (Studi Kasus Desa Tohudan, Colomadu Karanganyar), Duta.com ISSN : 2086-9436 Volume 8 Nomor 1 April 2015. STMIK Duta Bangsa Surakarta.

Peter, P, J, & Olson, Jerry, C. 2009. Costumer Behavior, Jilid 2, Edisi Kelima (alih bahasa Damos Sihombing). Erlangga. Jakarta.

Prasastiningtyas, tabhita ratna. 2016. “ Pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian kartu seluler”, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 7, Juli 2016. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Rangkuti, Freddy. 2002. The Power of Brands,Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ratna, Tabitha. 2016. “Pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian kartu seluler”

Sakina, hybrid, 2016. Bisnis cat yang tetap berkilau, http://www.marsindonesia.com/articles/bisnis-cat-yang-tetap-berkilau.

Sanusi, Anwar, 2014, Metodologi Penelitian Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.

Schiffman dan Kanuk. 2004. “Perilaku Konsumen” Edisi 7. Prentice Hall : Jakarta.

Setiadi, Nugroho J. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Bandung: Prenada Media.

Setiadi, Nugroho J. 2003, Perilaku Konsumen. Kencana. Jakarta.

Simamora, Bilson. 2001. Remarketing For Business Recovery. Cetakan Pertama. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Suharno. 2010. Marketing in Practice.edisi pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu

Supranto, dan Nandan Limakrisna. 2011. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Suhaily Lily, dan Syarief Darmoyo. 2007. Effect Of Product Quality, Perceived Price And Brand Image On Purchase Decision Mediated By Custumer Trust. Faculty Of Economis And Business, Atmajaya Catholic University.

Swastha, B, dan T. Handoko. 2008. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Cetakan Keempat. BPFE. Yogyakarta.

Swastha, B.2009. Manajemen Pemasaran 2. Adityamedia, Yogyakarta.

Tandjung, W. 2004. Marketing Management Pendekatan pada Nilai-nilai Pelanggan. Malang : Banyumedia, Utama.

Tjiptono,Fandy. 2009, Strategi Pemasaran, edisi kedua, cetakan ketujuh, Yogyakarta : Andi. Offset.

Weenas, Jackson R.S, 2013. “Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta”, Jurnal EMBA Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 607-618. Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Winardi. 2010. Kepemimpinan dan Manajemen. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Yasid, 2005. Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasi, Edisi Kedua. Ekonisia, Yogjakarta.

Yulia, Nurendah, 2012, Analisis Strategi Likasi Ritel dan Citra Toko Giat Botani Square Bogor, Skripsi, Bogor, Fakultas Ekonomi Universitas Islam.

Yosep, Lim. 2016. “Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan konsumen dalam pembelian cat merk mowlek di Jakarta”

http://www.nipponpaint-indonesia.com/corporate/tentang-nippon-paint/latar-belakang




DOI: http://dx.doi.org/10.30736%2Fjpim.v4i2.251

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.