IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN IKLIM PEMBELAJARAN BERBUDAYA MUTU DI SD NEGERI MOJORANGANGUNG SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.30736/jpim.v5i1.282Abstract
Sekolah tidak lepas dari peranan utama kepemimpinan kepala sekolah. Budaya mutu sebagai bagian dari peningkatan mutu pendidikan sekolah tersebut tidak hanya mencakup manajemennya namun mampu menciptakan iklim sekolah yang ramah dan menumbuhkan perasaan puas dan nyaman di masyarakat. Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mendiskripsikan perencanaan pengelolaan pendidikan, strategi pengelolaan kelas, sosialisasi, kepemimpinan sekolah, berbasis iklim pembelajaran berbudaya mutu, dan pengembangan budaya mutu berbasis keunggulan dalam upaya pengelolaan pendidikan di SD Negeri Mojorangagung Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui SD Negeri Mojorangagung telah menyusun perencanaan pengelolaan, mengembangkan budaya organisasi, dan berperan dalam upaya pengembangan sekolah pendidikan berbasis budaya mutu dan iklim pembelajaran dengan berdasarkan pada nilai nilai dan spirit yang dikembangkan. SD Negeri Mojorangagung juga dapat dikatagorikan unggul sekaligus mampu mempertahankannya.
Â
Kata Kunci:  Manajemen Berbasis Sekolah dan Iklim Pembelajaran Berbudaya Mutu
Â
References
Agboola,Alex. 2012. Bring Character Education Into Classroom.Europen Journal Of Educational Research .Vol1,No 2
Ahmad, S. 2014. Excellent School, Status And Its Existence.Englisia Journal,1(2)
Creswell, John.W. (2012). Educational research : planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research 4thEdition.USA: Pearson Education, Inc
Elfahmi, H.S., 2006. Sekolah Unggul: Menciptakan Sekolah sebagai Sumber Solusi dan Rumah yang Menyenangkan bagi Setiap Penghuninya. Seminar disajikan dalam National Congress & Business Forum 2006 diselenggarakan Magistra Utama, Surabaya, 4 Maret 2006
Laksono,Kisyanidkk. 2016. Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama Cetakan Pertama. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan KebudayaanDirektorat Jenderal Pendidikan Dasar dan MenengahDirektorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama
Moedjiarto. 2002. Sekollah Unggulan Pendidikan Partisipator dengan Pendekatan Sistem.Surabaya. Duta Graha Pustaka
Mulyasa.2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Mulyasa.
Rainawati, Eka Suci. 2013. Hubungan Iklim Organisasi Dengan Efektivitas Kerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Samarinda. Dalam Jurnal Administrasi Negara. [Online]. Vol. 2 No. 1,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat akses terbuka untuk umum dan untuk Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit