PENGARUH KUALITAS LAYANAN YANG TERDIRI DARI KENYAMANAN, KEAMANAN, KEMUDAHAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA GALERI SENI DAN PUSAT MEDITATION PONOROGO JAWA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.30736/jpim.v1i3.34Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan khususnya berdasar dimensi kualitas jasa yaitu terdiri dari variabel-variabel : kenyamanan, kemudahan, keamanan, dan fasilitas. Variabel-variabel tersebut digunakan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di galeri seni dan meditation ki ageng mirah Ponorogo. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui kualitas kepuasan konsumen Galeri Seni dan Meditation Ki Ageng Mirah Ponorogo (2) Untuk menganalisis kualitas kenyamanan, kemudahan, keamanan dan fasilitas Galeri Seni Dan Meditation Ki Ageng Mirah Ponorogo (3) Untuk menganalisis variabel apa yang paling dominan dari dimensi kualitas pelayanan Galeri Seni Dan Meditation Ki Ageng Mirah Ponorogo yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 85 responden, teknik pengambilan sampel ditentukan dengan Convinience Sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis uji regresi linear berganda, koefisien determinasi (R2), koefisien korelasi parsial, ujit, uji F dan uji asumsi klasik dengan menggunakan program SPSS versi 17 forwindows.Data primer ini diperoleh dari kusioner yang pengukurannya menggunakan skala Likert yang diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian berdasarkan uji t dan uji f menunujukkan bahwa kualitas kenyamanan dan keamanan berpengaruh paling signifikan terhadap kepuasan konsumen karena mempunyai korelasi yang paling besar dibandingkan variable bebas lainnya. Variabel kenyamanan, kemudahan , keamanan dan fasilitas mempunyai hubungan kuat dan searah terhadap kepuaasan konsumen GaleriSeni Dan Meditation Ki Ageng Mirah Ponorogo dilihat dari nilai korelasi dan nilai koefisien determinasi. Ini berarti variabel kenyamanan,kemudahan, keamanan,dan fasilitas mempunya pengaruh besar terhadap kepuasan konsumen sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.Keywords : Kualitas Layanan, Kenyamanan, Kemudahan, Keamanan, Fasilitas dan Kepuasan
Downloads
Published
2016-10-01
How to Cite
Emmywati, E. (2016). PENGARUH KUALITAS LAYANAN YANG TERDIRI DARI KENYAMANAN, KEAMANAN, KEMUDAHAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA GALERI SENI DAN PUSAT MEDITATION PONOROGO JAWA TIMUR. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 1(3), 8 Halaman. https://doi.org/10.30736/jpim.v1i3.34
Issue
Section
Artikel
License
Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat akses terbuka untuk umum dan untuk Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit