PENGARUH WORKING CAPITAL TURNOVER DAN CASH TURNOVER TERHADAP RETURN ON ASSETS

Penulis

  • Divya Reski Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
  • Herman Sjahruddin
  • Ahmad Anto

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v5i2.344

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh

working capital turnover dan cash turnover terhadap roa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh laporan keuangan perusahaan PT. Global Mediacom Tbk. Berdasarkan pertimbangan kriteria yang di tentukan,diperoleh sebanyak 32 sampel. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara variabel Working Capital Turnover dan Cash Turnover terhadap Return On Assets dengan menggunakan software SPSS  v.25. Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa working capital turnover berpengaruh positif dan signifikan dan cash turnover berpengaruh negatif dan signifikan  terhadap return on assets (ROA).

Referensi

Aminah, S. (2016). Analisis Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Doctoral Dissertation, Stie Perbanas Surabaya).

Bambang Riyanto. 2010. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Ed. 4, Bpfe Yogyakarta

Brigham & Houston. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku 1 (Edisi Ii). Jakarta: Salemba Empat

Brigham & Houston. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat

Deni, I. (2014). Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Perputaran Piutang Dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Umrah.

Fahmi, Irham. 2015. Pengantar Manajemen Keuangan Teori Dan Soal Jawab.

Fatmawar, F. (2019). Analisis Rasio Aktivitas Dan Profitabilitas Pada Cv Mega Marsailo Ditanjung Redeb. Accountia Journal (Accounting Trusted, Inspiring, Authentic Journal), 3(02), 403-414.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 23 (Edisi 8). Cetakan Ke Viii. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, W. A. (2018). Analisis Pengaruh Current Ratio, Working Capital Turnover, Dan Total Asset Turnover Terhadap Return On Asset. Valid Jurnal Ilmiah, 15(2), 163-172.

Harjito Dan Martono (2010). Manajemen Keuangan, Edisi Pertama, Cetakan Kedelapan, Yogyakarta : Ekonisia.

Hartono. 2012. Teori Portofolio Dan Analisis Investasi, Edisi Kedelapan, Bpfe, Yogyakarta

Haryanto, T. (2019). Pengaruh Likuiditas Dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Pt. Pariwara Komunikasi Indonesia Di Tangerang. Jurnal Sekuritas (Saham, Ekonomi, Keuangan Dan Investasi), 2(2), 113-130.

Hery, 2016, Analisis Laporan Keuangan: Pt. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan, Edisikesatu, Cetakan Kedelapan. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada

Khairani, K. (2019). Pengaruh Current Ratio Dan Working Capital Turnover Terhadap Return On Investment Pada Pt Perkebunan Nusantara Iii (Persero) Medan (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Unduhan

Diterbitkan

2020-06-15

Cara Mengutip

Reski, D., Sjahruddin, H., & Anto, A. (2020). PENGARUH WORKING CAPITAL TURNOVER DAN CASH TURNOVER TERHADAP RETURN ON ASSETS. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 5(2), 149–160. https://doi.org/10.30736/jpim.v5i2.344