Pengaruh Word Of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Bakso Boedjangan di Surabaya

Authors

  • Nadhifah Citra Tsani Soraya Universitas Negeri Surabaya
  • Novi Marlena Universitas Negeri Surbaya

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v5i3.354

Abstract

Bakso Boedjangan adalah kuliner bakso modern yang memanfaatkan kekuatan teknologi dalam melakukan promosi penjualannya. Kemajuan teknologi dewasa ini membuat dunia internet sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dan membuat persaingan bisnis kuliner semakin ketat. Strategi word of mouth merupakan strategi paling berpengaruh dalam melakukan promosi penjualan. Tujuan adanya analisis ini untuk mengetahui pengaruh word of mouth dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian bakso Boedjangan di Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan sampel yang digunakan sebanyak 210 responden, dengan karakteristik utama adalah konsumen yang melakukan pembelian di Bakso Boedjangan atas dasar rekomendasi orang lain. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regeresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah word of mouth (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Bakso Boedjangan di Surabaya.

References

Andjarwati, Anik lestari, and isna ayu safitri kusuma Dewi. 2017. “Analisis Perluasan Lini Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian.†Prosiding seminar nasional AIMI: 58–64.

Apriliya, Linggar. 2016. “Pengaruh Word Of Mouth, Kesadaran Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mie Akhirat Di Surabaya).†BISMA (Bisnis dan Manajemen) 8(2): 237–52.

Basri, Nur A’mirah Hassan, Roslina Ahmad, Faiz I. Anuar, and Khairul Azam Ismail. 2016. “Effect Of Word Of Mouth Communication On Consumer Purchase Decision: Malay Upscale Restaurant.†Procedia - Social and Behavioral Sciences 222(February 2018): 324–31. http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.175.

Fatlahah, Aniek. 2013. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Es Krim Wall’s Magnum.†Ilmu Manajemen 1(2): 472–85.

Fiani, Margaretha, and Edwin Japarianto. 2012. “Analisis Pengaruh Food Quality Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s Di Kota Solo.†Manajemen Pemasaran 1(1): 1–6.

Hardianti, Paramitha. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batagor Cak Salim.†Manajemen dan Satrat-Up Bisnis 3(4): 409–16.

Ibrahim, Aliftsa, and Ai Lili Yuliati. 2017. “Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Waroeng Steak and Shake Jln. Banteng No. 14 Bandung).†Management 4(2): 1855–60.

Irawan, Denny, and Edwin Japarianto. 2013. “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya.†Jurnal Manajemen Pemasaran 1(2): 1–8.

Joesyiana, Kiki. 2018. “Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey Pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau).†Valuta 4(1): 71–85.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. 15e ed. ed. Stephanie Wall. London: Pearson Education Limited.

Kurnianto, Wahyu Mega, Sylvia Sari Rosalina, and Nurminingsih. 2019. “Effect of Marketing Mix and Product Quality on Purchase Decision to the Spesial Sb Packaging Beef Meatball through Brand Image and Purchase Intention.†International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 6(2): 86–96.

Kusniadji, Suherman, and Universitas Tarumanagara. 2016. “Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods ( Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang ).†Jurnal Komunikas 8(1): 83–98.

Lee, Novi Claodya, and Anik Lestari Anjarwati. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro Kemasan Pet 450 ML (Studi Pada Pengunjung Minimarket Di Surabaya Selatan).†Ilmu Manajemen 5(4): 1–11.

Maisam, Shirkhodaie, and Rastgoo-deylami Mahsa. 2016. “Positive Word of Mouth Marketing : Explaining the Roles of Value Congruity and Brand Love.†Journal of Copetitiveness 8(1): 19–37.

Malhotra, Naresh K. 2017. Riset Pemasaran Pendektan Terapan. 1 ke-4. Jakarta: Indeks.

Michael Prayogo & Liliani. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Bakso Pepo.†Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 1(2): 171–80.

Nasirudin, Mochammad, Diah Yulisetiarini, and Imam Suroso. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Word Of Mouth Perusahaan Conato Di Jember.†: 68–86.

Prasetiyo, Budi, and Taopik Hidayat. 2019. “Pengaruh Promosi Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk XYZ Donut.†Penelitian Ekonomi dan Akuntansi IV(1): 937–52.

Purnama, Dheras Risky. 2019. “Pengaruh Citra Merek, WOrd of Mouth Dan Kualitas Porduk Terhadap Keputussan Pembelian Di Wakul Suroboyo.†Jurnal ilmu dan Riset manajemen 8(5): 1–19.

Putri, Finta Cahya, Srikandi Kumadji, and Sunarti. 2016. “Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Legipait Coffeeshop Malang).†Jurnal Administrasi Bisnis 34(1): 86–95.

Rachman, Raniawati, and Totok Wahyu Abadi. 2017. “Komunikasi Word Of Mouth Dan Keputusan Pembelian Batik Bangkalan.†ASPIKOM 3(2): 285–95.

Rahmawati, Dian. 2013. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Pada Media Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Es Wall’S Buavita Di Surabaya Selatan.†Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) 1(2): 509–19.

Rumondor, Priskyla, Altje Tumbel, and Imelda Ogi. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Kopi Dan Mie Toronata Di Kawangkoan.†Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 5(2): 1102–12.

Santosa, Alvendo Teguh. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Store Atmosphere, Dan E-Wom Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Konsumen Zenbu-House of Mozaru Paris Van Java, Bandung).†Jurnal Manajemen Maranatha 18(2): 143–58.

Sumarwan, Ujang. 2015. Perilaku Konsumen Teori Dan Penerapan Dalam Pemasaran. ke-2. ed. Risman Sikumbang. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ulza, Emaridial, Edi Setiawan, and Moh Arifudin. 2019. “Pengaruh Word Of Mouth, Brand Image Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.†Manajemen & Bisnis ndonesia 5(1): 1–8.

Yuly Rahmi Pratiwi. 2017. “Pengaruh Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Boardgame Lounge Smart Cafe Pekanbaru.†Jom Fisip 4(1): 1–15.

Published

2020-10-26

How to Cite

Soraya, N. C. T., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Word Of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Bakso Boedjangan di Surabaya. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 5(3), 229–245. https://doi.org/10.30736/jpim.v5i3.354