TEORI PERMINTAAN DAN PENAWARAN DALAM EKONOMI ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.30736/jpim.v2i3.56Abstract
Masalah permintaan dan penawaran sudah tidak asing lagi bagi kita yang pernah mempelajari teori mikro ekonomi yang terdapat pada ilmu ekonomi. Permintaan dan penawaran juga sudah menjadi kegiatan sehari-hari bagi manusia dalam melakukan kegiatan perekonomian. Tentang produksi, supply, harga, keuntungan, produsen, pemasaran, pasar di bahas dalam konsep penawaran. Begitu juga dalam konsep permintaan yang membahas tentang konsumsi, konsumen, demand, kebutuhan hidup, harga yang selalu menjadi prioritas utama dalam menjalankan konsep permintaan. Tidak jauh beda dengan konsep permintaan dan penawaran dalam perspektif ekonomi Islam yang membahas tentang hal-hal yang di sebutkan tetapi memiliki batasan-batasan dalam berekonomi yaitu syariat yang berhubungan langsung dengan Allah SWT dan sumber-sumber Islam seperti Al-Qur’an dan As-Sunnah serta ijtihad dari para ulama atau para ekonom Islam. Dimana di Indonesia sama sekali belum di terapkan tentang konsep permintaan dan penawaran secara ekonomi Islam yang merupakan konsep baik dalam meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat Indonesia, yang bisa di bilang Indonesia terlalu menfokuskan kegiatan perekonomian pada sistem mencari keuntungan besar dan materialistis.Keywords : Konsep Permintaan Islam, Konsep Penawaran Islam, Harga
Downloads
Published
2017-10-01
How to Cite
Fattach, A. (2017). TEORI PERMINTAAN DAN PENAWARAN DALAM EKONOMI ISLAM. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 2(3), 10 Halaman. https://doi.org/10.30736/jpim.v2i3.56
Issue
Section
Artikel
License
Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat akses terbuka untuk umum dan untuk Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit