ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR GUNA MENINGKATKAN MARKET SHARE (STUDI PADA UKM TIKAR DAN TAS DESA SIDOMUKTI KECAMATAN LAMONGAN)

Penulis

  • Moh Marzuqi Universitas Islam Lamongan

Kata Kunci:

Pengembangan Pasar, Market Share

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang dapat diterapkan oleh usaha kecil menengah (UKM) dalam meningkatkan market share karena sulitnya usaha kecil menengah (UKM) dalam mencapai pangsa pasar yang lebih luas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi yang dapat mendukung maupun menghambat pengembangan pasar dalam meningkatkan market share melalui analisis SWOT serta menemukan metode baru yang dapat dilakukan oleh pemilik usaha kecil menengah (UKM) dalam meningkatkan market share .

Referensi

Abror, Dhimamul. 2017. Analisis Loyalitas Konsumen dan Strategi Pengembangan Pasar terhadap pendapatan perusahaan. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Lamongan. Lamongan

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta

Bestianingsih, Intan. 2017. Strategi Pengembangan Pasar Produk Jelly Di Pd. Aneka Bintang Cemerlang Kabupaten Kuningan. Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Purworejo

David, Fred R, Forest R David. 2017. Manajemen Strategi Konsep, Edisi 15. Jakarta: Salemba Empat

Kotler, Philip, Kevin Lane. 2016. Manajemen Pemasaran, Edisi 13, jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Manap, H. Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Rangkuti, Freddy. 2016. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

Kusuma, Stella dan Sujana, 2014. Pengaruh Strategi Pengembangan Produk Dan Perluasan Pasar Terhadap Peningkatan Market Share. Sekolah Tinggi Ekonomi Kesatuan, Bogor, Indonesia.

Taufik, Maulana Fadly. 2017. Strategi Pengembangan Pasar Menurut Pemasaran Islam Dalam Peningkatan Market share Pada Ukm (Usaha kecil menengah) Kopi Bubuk Sahabat Kota Lubuklinggau. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. UIN Raden Fatah Palembang, Palembang.

Wahib, Ahmad Ainul. 2017. Analisa Strategi dalam Meningkatkan Daya Saing Dengan pendekatan Analisis SWOT pada UD. Mitra Abadi Maduran. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Lamongan. Lamongan.

Yuniarti, Eka. 2018. Strategi Pemasaran Produk Dalam Meningkatkan Market share pada Bprs Metro Madani. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Institut Agama Negeri (IAIN) Metro, Lampung.

Unduhan

Diterbitkan

2020-09-01

Terbitan

Bagian

Artikel