ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN MS GLOW DI UNZHOP KECAMATAN SUKODADI LAMONGAN

Penulis

  • Nawang Wulansari Universitas Islam Lamongan

Kata Kunci:

Harga, Kualitas Produk, Promosi, Loyalitas konsumen

Abstrak

Pemasaran merupakan rangkaian dari kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan yang ditujukan untuk merencanakan produk, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa kepada konsumen. Tujuan dari riset ini yaitu untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap loyalitas konsumen Ms Glow di Unzhop Kecamatan Sukodadi lamongan.

Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan metode pengambilan sampel dengan simple random sampling. Populasi dalam riset ini adalah konsumen Ms Glow di Unzhop Kecamatan Sukodadi Lamongan, sehingga sampel yang diperoleh dari populasi tersebut merupakan sebanyak 78 responden yang dihitung dengan menggunakan rumus slovin.

Berdasarkan hasil uji F (simultan) diperoleh Fhitung sebesar 12,087 dan nilai signifikansinya 0,001, sedangkan Ftabel sebesar 3,120 dengan α=0,05. Bersumber dari hasil tersebut maka dapat ditarik kesimpulan tentang harga, kualitas produk dan promosi berpengaruh pada loyalitas konsumen secara bersamaan (simultan), karena Fhitung > Ftabel (12,087 > 3,120) serta nilai signifikansi penelitian lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05).

Dari hasil uji t (parsial) harga, kualitas produk dan promosi mempengaruhi secara parsial akan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen Ms Glow di Unzhop, bisa disimpulkan kalau ketiga variabel tersebut berpengaruh positif serta signifikan.

Referensi

Cardia, et al., 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen. Volume 8; 6762-6781.

Choiriyah dan Liana. 2019. Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan di mediasi kepuasan pelanggan. Isu-isu riset bisnis dan ekonomi di era disrupsi. Volume 236-244.

Diansyah dan Putera. 2017. Pengaruh Ekuitas Merek Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Mediasi Keputusan Pembelian. Jurnal Media Ekonomi Dan Manajemen. Volume 32; 97-109.

Hurriyati, R. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung:ALFABETA, cv.

Kemenperin. 2019. Perubahan Gaya Hidup Dorong Industri Kosmetik (https://kemenperin.go.id/artikel/21460/Perubahan-Gaya-Hidup-Dorong-Industri-Kosmetik), diakses 4 November 2020.

Manap, A. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Purnamasari dan Kemala. 2015. Tentang Ms glow (https://ms-glow. store/blog/about-tentang-ms-glow), diakses 18 Oktober 2020.

Sahla, H. 2019. Konsep Pemasaran Dalam Prespektif Ekonomi Islam. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan. Volume 5; 57-61.

Solomon, M. R. 2015. Consumer Behavior: Buying, Having and Being, 11th Edition. New Jersey: Prentice-Hall.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.

Yuliati dan Saputri. (2016). Pengetahuan Produk dan Konsep Harga.Yogyakarta: CV Budi Utama.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-15

Terbitan

Bagian

Artikel