EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI PENERAPAN E-COMMERCE PADA PT. WAHANA SURYA PLASTIK

Sabilar Rosyad

Sari


Globalisasi serta tingginya intensitas persaingan bisnis menuntut perusahaan untuk bisa memperhatikan dan memenuhi dinamika kebutuhan pelanggan dengan cara yang efektifdanEfisien dengan mengimplementasikan teknologi dalam perusahaan. Salah satunya dengan menerapkan e-commerce. Dalam penelitian ini akan dikaji mengenai tantangan atau kendala serta manfaat yang dirasakan perusahaan dalam mengimplementasikan e-commerce sebagai media pemasaran. Serta dikaji sejauh mana efektifitasdanEfisiensi penerapan ecommerce dalam perusahaan. Penelitian yang digunakan oleh penulis ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis yang ada diperoleh beberapa kendala atau tantangan dalam menerapkan e-commerce di PT. Wahana surya plastik, Pada pelaksanaannya e-commerce membutuhkan tenaga kerja (SDM) yang cukup ahli dalam bidang teknologi informasi yang menguasai e-commerce dengan berbagai perangkat serta persoalannya. Selain itu dalam menerapkan e-commerce juga dibutuhkan infrastruktur berkualitas yang membutuhkan modal cukup besar untuk mendapatkannya. Perusahaan harus menyesuaikan dengan adanya e-commece,dengan cara memaksimalkan SDM yang ada. Melalui e-commerce perusahaan dapat memperluas market place,mendatangkan pelanggan baru, dapat memberikan pelayanantanpa batas waktu kepada konsumennya, akses informasi yangcepat, serta dapat melakukan pendekatan hubungan yang baik kepada pelanggan. E-commerce masih kurang efektifdanEfisien diterapkan pada PT. Wahana Surya Plastik, oleh karena itu diharapkan setelah memaksimalkan SDM yang ada efektifitasdanEfisiensi penjualan harus semakin meningkat sebagai tujuan akhir perusahaan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Candra Ahmadi dan Dadang Hermawan. 2013. E-Business &

ECommerce, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Dwiridottjahjono, jojok. Bagaimana Membangun Kualitas Layanan Online. Usahawan No.07 TH XXXV Juli 2006

Kartajaya, Syakir Sula. 2006. Syariah Marketing. Penerbit PT Mizan Pustaka, Bandung.

Kotler dan Keller.2009. Manajemen Pemasaran Jilid , Edisi 13. Penerbit Airlangga, Jakarta..

Rangkuti, Freddy, 2005.Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21.Cetakan Kedua belas, Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Spica,Almalia Penerapan E-commerce Sebagai Upaya Meningkatkan Persaingan Bisnis Perusahaan 2007-03-08 www.spicaalmalia.wordpress.com .

Indrajit, 1998, Lima Langkah Sukses Bisnis E-commerce. www.apjii.oid/ekoindrajit/PDF%

http://explorable.com/quantitative-andqualitative-research.

www.ozziomahasiswaonline.wordpress.co m/2011/08/06/Pengertian-Pemasaran/




DOI: http://dx.doi.org/10.30736%2Fjpim.v3i1.146

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Terindeks pada :

 

 
      

 

 

Creative Commons License
JPIM (Jurnal Penelitian ilmu Manajemen) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.