ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS DAN PROSES PRODUKSI TERHADAP HARGA POKOK PRODUKSI PADA PT. WAHANA SURYA PLASTIK SURABAYA

Sabilar Rosyad, Muhammad Musyafaq

Sari


Menghadapi perkembangan dunia industri dan teknologi yang semakin maju, berbagai usaha di lakukan oleh pengusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup,  menjaga nama baik (reputasi) perusahaan serta mengantisipasi tujuan jangka pendek dan panjang dan dapat mewujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan.salah satu yang di anggap penting yaitu melakukan pengendalian kualitas dan menjaga mutu kualitas atau produk yang di hasilkan. Dengan demikian pada dasarnya pengendalian kualitas bertujuan untuk memastikan bahwa produk yang di hasilkan benar - benar mencapai standar mutu kualitas yang telah di tetapkan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Masalah yang hendak dicari jawabannya adalah : Apakah factor pengendalian kualitas dan proses produksi berpengaruh secara parsial terhadap harga pokok produksi PT. Wahana Surya Plastik Surabaya, Apakah factor pengendalian kualitasdan proses produksi berpengaruh secara simultan terhadap harga pokok produksi PT. Wahana Surya Plastik Surabaya, Variabel manakah yang paling dominan pengaruhnya antara pengendalian kualitas dan proses produksi terhadap hargapokok produksi PT. Wahana Surya PlastikSurabaya.

Sejalan dengan rumusan masalah dan hipotesis tersebut maka penelitian ini menggunakan analisis uji validitas, uji reliabilitas, regresi berganda, korelasi berganda, uji t, koefesien determinansi dan  uji simultan menggunakan uji F.

Analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi Y = 4,098 + 0,320X1 +0,344X2 menunjukan bahwa ada hubungan antara kualitas dan proses produksi terhadap harga pokok produksi di PT. Wahana Surya Plastik Surabaya.Dari hasil analisis pengolahan data antara Variabel kualitas dan proses produksi  terhadap harga pokok produksi di PT. Wahana Surya Plastik Surabaya besarnya nilai R = 0,487. Artinya korelasi variabel kualitas dan proses produksi terhadap harga pokok produksi di PT. Wahana Surya Plastik Surabaya mempunyai hubungan yang sedang dan postif karna nilainya diantara 0,40 – 0,60.Dari hasil penghitungan diatas menunjukan bahwa thitung 3,046 > ttabel 1,671 sehingga dari keadaan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa variabel kualitas (X1) mempengaruhi harga pokok produksi di PT. Wahana Surya Plastik Surabaya dan  thitung 1,680 > ttabel 1,671 sehingga dari keadaan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa variabel proses produksi (X2) mempengaruhi harga pokok produksi di PT. Wahana Surya Plastik Surabaya.Dari hasil uji F menunujkan bahwa variabel kualitas (X1) dan proses produksi (X2) berpengaruh secara simultan terhadap harga pokok produksi di PT. Wahana Surya Plastik Surabaya hal itu dapat dilihat dari hasil analisa yang menunjukan Fhitung> dari Ftabel atau 7,32 > 3,19.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assauri, Sofyan, 1998. Manajemen operasi dan produksi, Penenrbit Fakultas Ekonomi Indonesia.

Tipjono, Fandi, Diana, 2003. Total Quality Mananjemen, Penenrbit ANDI Lamongan.

Reksohadiprojo, Sukanto, Mananjemen produksi, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Sudjana. 1996. Metode statistik, Penenrbit Tarsito Bandung.

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penenlitian, Penenrbit Rineka Cipta Yogyakarta.

Sugiono, 2006. Metode Penenlitian Kuantitatif Dan Kualitatif, Penerbit CV. Alfabeta bandung.

Kotler, Philip, 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi 10, Penerbit PT. Prenhallindo Jakarta.

Ahyari, Agus, 1999. Manajemen Produksi, Edisi IV, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Sumarni, Marti-Soeprihanto, John, 1995. Pengantar Bisnis ( Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan ) Edisi keempat, Yogyakarta, Penerbit Liberty.

Swastha, Basu-Sukotjo, Ibnu, 2002. Pengantar Bisnis Modern, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Unisla, 2011. Pedoman Penyusunan Skripsi Fakultas Ekonomi. Lamongan Unisla.




DOI: http://dx.doi.org/10.30736%2Fjpim.v3i2.180

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Terindeks pada :

 

 
      

 

 

Creative Commons License
JPIM (Jurnal Penelitian ilmu Manajemen) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.