PENGARUH HARGA KAMAR DAN FASILITAS HOTEL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI SHANGRILA HOTEL SURABAYA

Penulis

  • Yunni Rusmawati DJ Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v4i1.229

Abstrak

Hotel merupakan salah satu alternatif penginapan yang cukup diminati oleh masyarakat pendatang, oleh karena itu harga sangat berpengaruh untuk memikat para konsumen untuk menginap. Dalam dunia pemasaran konsumen adalah faktor utama dalam keberhasilan usaha. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah harga kamar (X1) dan fasilitas hotel (X2) berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen di Shangrila Hotel Surabaya dan variabel manakah yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen di Shangrila Hotel Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan analisis data sebagai berikut : Uji Validitas, Uji Realibilitas, Regresi Linier Berganda,  Uji t dan Uji F. Dari hasil yang diperoleh dengan uji validitas dengan rtabel sebesar 0,234 dan semua variabel dinyatakan valid karena > rtabel. Uji reliabilitas juga menyatakan reliabel karena > 0,6. Hasil regresi linier berganda Y = 2,988 + 0,541 (X1) + 0,204 (X2), menunjukkan bahwa harga kamar lebih dominan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen. Penentuan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan 43% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh harga kamar dan fasilitas hotel, 57% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain (pelayanan, lokasi dan promosi). Hasil uji t menunjukkan harga kamar (5,909) dan fasilitas hotel (2,284) > ttabel (1,955) ini menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji F menunjukkan Fhitung (27.421) > Ftabel (3,11), ini berarti H0 ditolak Ha diterima. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa harga kamar dan fasilitas hotel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial maupun secara simultan, dan variabel yang paling dominan adalah harga kamar.

 

Kata kunci : Harga Kamar, Fasilitas Hotel, Kepuasan Konsumen

Referensi

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta. Rineka Cipta

Budi, A.P. 2013. Manajemen Marketing

Perhotelan. Yogyakarta. CV Andi

Offset

Gitosudarmo, Indriyo. 2005.

Manajemen Pemasaran. Edisi

Pertama. Yogyakarta, BPFE

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Candra. 2011. Service Quality dan Satisfaction. Yogyakarta. CV Andi Offset

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Penerbit Andi

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung. Penerbit Alfabeta

Sugiyono. 2015. Statistika Untuk

Penelitian. Bandung. Penerbit

Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. cetakan ke-20. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuesioner & Analisis Data Untuk Pemasaraan dan Perilaku Konsumen. cetakan pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sunyoto, Danang. 2015. Pemasaran Konsumen dan Pemasaran. Jakarta. Penerbit Caps

Unduhan

Diterbitkan

2019-02-18

Cara Mengutip

DJ, Y. R. (2019). PENGARUH HARGA KAMAR DAN FASILITAS HOTEL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI SHANGRILA HOTEL SURABAYA. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 4(1), 889–896. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i1.229