ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDY KASUS DI CV. LAMONGAN SPORTS CENTER)

Yunni Rusmawati DJ

Sari


Perusahaan Lamongan Sports Center (LSC) adalah gabungan dari berbagai usaha jasa diantaranya lapangan futsal, kolam renang, fitnes serta rumah makan. Dengan meningkatnya daya persaingan usaha yang bergerak dibidang yang sama, berbagai upaya dilakukan Lamongan Sports Center agar para pelanggan mendapatkan pengalaman yang berbeda dari tempat lain. Oleh karena itu lamongan Sports Center menggunakan strategi pemasaran experiential marketing yang meliputi sense, feel, think, act dan relate untuk mendapatkan loyalitas dari pelanggannya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah experiential marketing berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan di Lamongan Sports Center. Apakah experiential marketing berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan di Lamongan Sports Center. Dan unsur experiential marketing manakah yang paling dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan Lamongan Sports Center. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 responden mengunakan metode purposive sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regersi linear berganda dengan hasil sebagai berikut:Y = 0,503 + 0,319 X1 + 0,222 X2 + 0,234 X3 + 0,304 X4 + 0,232 X5.Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa kelima variabel independen yang diteliti yaitu Sense / Panca indera (X1), Feel / Perasaan (X2), Think / Cara berpikir (X3), Act / Kebiasaan (X4) dan Relate / Pertalian (X5) terbukti secara parsial mempengaruhi variabel dependen Loyalitas Pelanggan (Y). Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel sense (panca indera), feel (perasaan), think (cara berpikir), act (kebiasaan) dan relate (pertalian) berpengaruh signifikan secara bersama-sama dalam terhadap loyalitas pelanggan. Variabel sense (X1) paling dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan (Y) dengan nilai sebesar 0,319.

Keywords : Experiential Marketing, Sense (panca indera), Feel (perasaan), Think (cara berpikir), Act (kebiasaan), Relate (pertalian), Loyalitas Pelanggan

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30736%2Fjpim.v2i3.61

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Terindeks pada :

 

 
      

 

 

Creative Commons License
JPIM (Jurnal Penelitian ilmu Manajemen) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.