STRATEGI PEMILIHAN CHANNEL PENJUALAN SEBAGAI IMPLEMENTASI DALAM MODEL AFILIASI BISNIS PENGELOLAAN HOTEL NON JARINGAN DI KOTA BATAM
DOI:
https://doi.org/10.30736/jpim.v4i3.268Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pemasaran hotel yang memiliki afiliasi dengan agen travel online dalam mendistribusikan layanan kamar pada tamu hotel.Dalam melaksanakan operasinya hotel dapat menggunakan media sosial untuk melakukan aktivitas promosi. Dengan melakukan strategi pemasaran ini hotel akan mendapatkan sorotan lebih baik dari pengguna sebab berdasarkan jumlah pengguna online travel dengan bantuan social media merupakan yang paling tinggi di asia tenggara hingga saat in .Tentunya dalam pelaksanaannya menggunakan direct channel sebagai role model bisnis, peran agensi travel online memediasi pemesanan kamar dengan promosi harga dengan margin profit yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Dalam pelaksanannya online travel agen memiliki resiko ketika tidak mampu menjual paketnya pada calon pengunjung hotel. Kami menggunakan model explanatory research kuantitatif dengan menggunakan accidental sampling pada 60 hotel non jaringan di Batam digunakan sebagai responden yang tersebar di 1 wilayah ekonomi yang potensial yaitu Nagoya. Hasil yang didapat dari dua variabel pendukung yaitu Promosi, Afiliasi Marketing dan Okupansi bisnis menunjukkan hasil yang positif. hasil pengujian menunjukkan bahwa promosi hotel non jaringan dan affiliasi bisnis dari agen travel online memainkan peranan penting dalam proses penilaian penjualan kamar hotel. Pihak hotel dan online travel berafiliasi secara terpusat dimana lebih cenderung memiliki tugas lebih komplek daripada pihak internal hotel.meskipun dalam hubungan bisnis pihak online travel lebih banyak memiliki keuntungan dari program afiliasi yang telah berjalan. Sampai saat ini hasil menunjukkan bahwa model bisnis afiliasi memiliki efek kuat terkait dengan masa depan industri perhotelan di masa mendatang.Â
Â
Kata Kunci: Promosi; Affiliasi marketing; Okupansi bisnis
References
Ashley, C., Ligas, M., & Chaudhuri, A. (2010). Can Hedonic Store Environments Help Retailers Overcome Low Store Accessibility? The Journal of Marketing Theory and Practice, 18(3), 249–262. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679180303
Blut, M., Teller, C., & Floh, A. (2018). Testing Retail Marketing-Mix Effects on Patronage: A Meta-Analysis. Journal of Retailing. https://doi.org/10.1016/j.jretai.2018.03.001
Brutu, M., & Mihai, D. (2012). IDENTIFYING KEY TRENDS OF DIRECT SALES IN THE EUROPEAN UNION. Annals of the University of Petroşani Economics, 12(1), 15–24.
Carroll, J., & Takayama, S. (2014). A hierarchical agency model of deposit insurance. Annals of Finance, 10(2), 267–290. https://doi.org/10.1007/s10436-013-0240-7
Chandra, A., Chao, C.-A., & Astolpho, E. C. (2014). Business incubators in Brazil: does affiliation matter? International Journal of Entrepreneurship and Small Business, 23(4), 436–455. https://doi.org/10.1504/IJESB.2014.065678
Content Marketing Institute & Direct Marketing Association (DMA) UK. (2015). Content Marketing in the UK 2015: Benchmarks, Budgets, And Trends. Content Marketing Report.
De Pelsmacker, P., van Tilburg, S., & Holthof, C. (2018). Digital marketing strategies, online reviews and hotel performance. International Journal of Hospitality Management, 72(December 2017), 47–55. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2018.01.003
Decker, W. H., Calo, T. J., & Weer, C. H. (2012). Affiliation motivation and interest in entrepreneurial careers. Journal of Managerial Psychology, 27(3), 302–320. https://doi.org/10.1108/02683941211205835
Eapen, A., Jihye, Y. E. O., & George, R. (2017). Business group affiliation and FDI spillovers. In 2017 Annual Meeting of the Academy of Management, AOM 2017 (Vol. 2017–Augus). https://doi.org/10.5465/ambpp.2017.165
Ehtiyar, R., & Yildiz, M. (2012). Frustration: A Comparison of Chain Hotel and Independent Hotel Employees. Tourism Analysis, 17(2), 225–231. https://doi.org/10.3727/108354212X13330406380175
Ghozali, I. (2011). Moderated Structural Equation Modeling. In Model persamaan struktural. Konsep dan aplikasi dengan program AMOS 19.0 (pp. 180–183).
Goldstein, L. A. (2014). The FTC’s “Operation Failed Resolutionsâ€: A Behind-the-Scenes Look. Response : Multi - Channel Direct Advertising, 22(5), 48.
Hair, J. (2009). Multivariate Data Analysis. Faculty Publications.
Johnson, J. P. (2017). The agency model and MFN clauses. Review of Economic Studies, 84(3), 1151–1185. https://doi.org/10.1093/restud/rdx007
Kim, W. G., Lim, H., & Brymer, R. A. (2015). The effectiveness of managing social media on hotel performance. International Journal of Hospitality Management, 44, 165–171. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2014.10.014
Koeppelb, P. (2016). Marketing Mix Modeling: The Future Is Now. Response : Multi - Channel Direct Advertising, 24(7), 54.
Kotler Philip. (2016). “Branding: From Purpose to Beneficence†– Philip Kotler.
Kumar, P. (2016). Store decision criteria and patronage behaviour of retail consumers. International Journal of Management Research and Review, 6(12), 1692–1703.
Kurniawan, A., Loekito, L., & Solimun, S. (2016). Power Of Test Path Analysis and Partial Least Square Analysis. CAUCHY; Vol 4, No 3 (2016): CAUCHYDO - 10.18860/ca.v4i3.3593 , 4(3), 112–114.
Murphy, W. F. J. (2010). IT Enabled In-Home Direct Selling Presentations. In AMCIS 2010 Proceedings (p. 223).
Oppenheim, M. (2018). Millennials don’t need living rooms, says top architect.
Shepter, J. (2015). ANOMALY THE AGENCY MODEL, REBOOTED. Communication Arts, 57(4), 54–61.
Telci, E. E. (2013). High shopping mall patronage: Is there a dark side? Quality and Quantity, 47(5), 2517–2528. https://doi.org/10.1007/s11135-012-9668-5
Tendai, M., & Crispen, C. (2009). In-store shopping environment and impulsive buying. African Journal of Marketing Management, 1(4), 102–1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat akses terbuka untuk umum dan untuk Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit