ANALISIS PENGARUH PELAYANAN JASA INSTALATIR LISTRIK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BIRO JASA CV. KELUARGA MANDIRI LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.30736/jpim.v4i3.270Abstract
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan dengan menggunakan skala likert, penentuan sampel yang digunakan adalah simple random sampling sebanyak 50 sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linear berganda, korelasi, uji F dan uji t. Dari uji regresi linier berganda diperoleh Y= 3.881 + 0,251X1 + 0,465X2 Besarnya koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,791 ; hal ini berarti menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara variabel daya tanggap dan kehandalan terhadap kepuasan konsumen CV. Keluarga Mandiri Lamongan. Berdasarkan uji F diketahui Fhitung : 39.208 dan Ftabel : 3,20; maka Fhitung>Ftabel , maka variabel daya tanggap dan kehandalan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil uji t diketahui nilai thitung sebesar 2,435 dan ttabel sebesar 2,012 (thitung>ttabel) untuk variabel daya tanggap dan hasil uji t diketahui nilai t hitung sebesar 3,969 dan t tabel sebesar 2,012 (thitung>ttabel) untuk variabel kehandalan. Dari hasil penelitian tentang analisis pengaruh pelayanan jasa instalatir listrik terhadap kepuasan konsumen pada biro jasa CV. Keluarga Mandiri Lamongan, hasilnya adalah variabel daya tanggap dan kehandalan berpengaruh secara simultan dan parsial, dapat disimpulkan bahwa variabel kehandalan berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan kosumen pada CV. Keluarga Mandiri Lamongan.Â
Â
Kata kunci : Kepuasan Konsumen dan Pelayanan Jasa
References
Alfabeta Sumarni Murti dan John
Soeprihanto. 2014.Pengantar
Bisnis. Edisi keenam.
Yogyakarta:Liberty
Kotler dan Keller.2009.Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta:Erlangg
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk
Penelitian.Cetakan Ke-
Bandung: CV Alfabeta
Sugiyono, 2008 Metode Penelitian Bisnis.CV Alfabeta:Bandung
Valarie A. Zeitharal dan Marry Jo Bitner. 2008., Service Marketing. The McGraw Hill Companies, Inc
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat akses terbuka untuk umum dan untuk Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit