STRATEGI HARGA DALAM PERSAINGAN PENJUALAN PADA HOME INDUSTRY KERUPUK IKAN BALQI FOOD PACIRAN LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.30736/jpim.v4i3.272Abstract
Penelitian ini di dasarkan pada strategi harga dalam persaingan penjualan yang dilakukan oleh Balqi Food yang merupakan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Desa Weru Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, karena peneliti ingin mengetahui strategi harga dan analisa SWOT yang dilakukan oleh Balqi Food. Belakangan ini setiap perusahaan melakukan strategi harga dalam persaingan dalam menjual produknya. Dari kebiasaan para pembeli dapat disimpulkan bahwa strategi penetapan harga sangat berpengaruh terhadap penjualan dalam memasarkan produk yang ditawarkan. kebijakan yang dilakukan oleh Balqi Food selama ini merupakan yang paling tepat untuk meningkatkan penjualan hal tersebut perlu disadari bahwa pada saat sekarang ini dalam merebut konsumen yang ada di pasar, tidak hanya mengandalkan produk, promosinya dan saluran distribusi saja tapi strategi harga juga digunakan untuk menguasai pasar karena terjadi persaingan di pasaran untuk saling menguasai pasar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif yang sumbernya di dapatkan dari informasi-informasi dengan pemilik usaha, karyawan dan pelanggan dengan cara wawancara, observasi dan dokumenter, yang berkaitan dengan strategi harga yang digunakan oleh Balqi Food yaitu Strategi harga dalam persaingan penjualan dengan menggunakan analisa SWOT yang meliputi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang berhubungan dengan yang diteliti. Dari hasil penelitian bahwa Balqi Food yang merupakan Usaha Kecil dan Menengah dalam memasarkan hasil produknya selama ini dalam menghadapi persaingan produk dengan pesaing menggunakan strategi harga dengan cara : mempertahankan harga, menurunkan harga dan menaikkan harga.
Kata kunci: Strategi harga Dalam Persaingan, Penjualan
References
Angipora, Marius P, 2012, Dasar-Dasar Pemasaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Alma, Buchari, 2013, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, Alfabeta, Bandung.
Assauri, Sofjan, 2013, Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Mursid, M, 2014, Manajemen Pemasaran, Bumi Aksara, Jakarta.
Murti Sumarni, Murti dan John Suprihanto, 2012, Pengantar Bisnis, Liberty, Yogyakarta
Manullang M, 2013, Pengantar Bisnis, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Mulyadi, 2008, Sistem Akuntansi, Salemba Empat, Jakarta
Rangkuti, Freddy, 2004, Analisis SWOT; Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Soemarso, S, R, 2009, Akutansi Pengantar, Edisi kelima, Salemba Empat, Jakarta
Swastha, Basu, 2014, Manajemen pemasaran Modern, Edisi Ketiga belas, Penerbit Liberty, Yogyakarta.
Swasttha, Basu dan Hani Handoko, 2012, Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Penerbit BPFE, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy, 2013, Strategi pemasaran, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat akses terbuka untuk umum dan untuk Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit