PENERAPAN BALANCE SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR PENGUKURAN KINERJA PADA HOTEL ELRESAS LAMONGAN

Penulis

  • Mohamad Rizal Nur Irawan Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v4i3.273

Abstrak

Untuk memasuki lingkungan bisnis yang kompetitif diciptakan suatu metode pendekatan Balance Scorecard. Rumusan Masalah untuk mengetahui penerapan Balance Scorecard sebagai tolak ukur pengukuran kinerja pada Hotel Elresas Lamongan dan variabel apa yang berpengaruh paling dominan terhadap kinerja. Populasi dalam penelitian ini adalah pimpinan, karyawan, pelanggan dan data pada Hotel Elresas Lamongan. Sampel sebanyak 100 responden, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, studi kepustakaan dan kuisioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, Regresi Linier Berganda, Uji t dan Uji F. Hasil perhitungan Balance Scorecard yang meliputi perspektif pertumbuhan dan perkembangan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pelanggan, dan perspektif keuangan menunjukan bahwa hasil penelitian di Hotel Elresas Lamongan adalah baik. Hasil persamaan Regresi Linier Berganda Y=8,025-0,244(X1)+0,530(X2) +0,258(X3)+0,282(X4). Variabel yang paling dominan adalah variabel Perspektif Proses Bisnis Internal dengan thitung tertinggi 9,588.

 

Kata kunci : balance scorecard, kinerja.

Referensi

AB Susanto. 2014. Manajemen Strategik Komprehensif. Jakarta: Erlangga.

Ade Afrizal. 2013. Analisis Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Hotel Panorama Tanjungpinang). Skripsi. Tanjungpinang.

Aurora, Novella. 2010. Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Tolok

Ukur Pengukuran Kinerja: Studi Kasus Pada RSUD Tugurejo

Semarang. Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro.

Arsenia, Laksmita Venda. 2011. Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada PT Bank Jateng Cabang Utama Semarang). Skripsi. Semarang : Perpustakaan FEB Universitas Diponegoro.

Astono, Arif Tri. 2013. Pengukuran Kinerja PT Asuransi Jasindo Semarang dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi kasus pada Karyawan PT Asuransi Jasindo Semarang). Skripsi.Semarang : Perpustakaan FISIP Universitas Diponegoro.

Awan Febrianto. 2016. Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Metode Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Lohjinawe Rembang). Skripsi :Universitas Diponegoro.

Didyk. 2010. Analisis Kinerja Hotel Pita Maha A Tjampuhan Resort &

Spa dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard. Skripsi. Bali : Universitas Udayana.

Hikmat, Mahi. 2011. Praktis Penulisan Naskah Iklan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kumalasari, Y.S. 2010. Evaluasi Terhadap Kinerja Unit Usaha Syariah pada Bank Konvensional dengan Perspektif Balance Scorecard. Skripsi : Universitas Diponegoro.

Lailiyah, S. 2012. Pengukuran Kinerja Rumah Sakit dengan Balanced

Scorecard (Studi Kasus pada Rumah Sakit Umum Daerah Ngudi Waluyo

Wlingi). Skripsi. Yogyakarta.

Makhijani, Naresh dan Creelman, James. 2012. Menciptakan Balanced Scorecard untuk Organisasi Jasa Keuangan. Jakarta: Erlangga.

Mashuri Achmad, 2013. Penerapan Balance Scorecard Sebagai Tolak Ukur Pengukuran Kinerja (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soegiri Lamongan)

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja. Rosdakarya.

Mulyadi. 2014. Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personal Berbasis Balanced Scorecard. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Mulyadi. 2014. Balance Scorecard Sebagai Inti Sistem Manajemen Strategik. Jakarta : Prima Nusantara Manajemen.

Mulyadi, 2015, Akuntansi Manajemen : Konsep, Manfaat dan Rekayasa, edisi 3, Jakarta, Salemba Empat

Novanditya, Indra. 2013. Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Perusahaan Vulkanisir Ban CV Roda Mas Jaya,Semarang). Skripsi. Semarang : Perpustakaan FISIP Universitas Diponegoro.

Prakosa, Yuniarsa A. 2013. “PengukuranKinerja Perusahaan dengan Pendekatan Balance

Scorecard (Studi Kasus Pada PT Waskita Karya)â€. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Robert s. Kaplan. 2013. The Balance Scorecard. Jakarta :Erlangga.

Sapardianto. 2013. Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Konsep Balanced Scorecard (Studi Kasus pada PT Trustco Insan Mandiri Samarinda). e-J Administrasi Bisnis.

Sarjono, H. 2010. Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Suatu

Sistem Pengukuran Kinerja pada PT. Dritama Brokerindo, Jakarta Timur. Jakarta.

Sugiyono. 2012. Metode PenelitianKuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

_______. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methode). Bandung : Alfabetha

Suhardiman, Ivan 2012. Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Tolak Ukur Kinerja Instansi Pemerintah (Studi Kasus pada bidang Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang). Skripsi Tanjungpinang : Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Sutri Handayani. 2012. Analisis Penilaian Kinerja dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada PDAM Kabupaten Lamongan). Skripsi. Lamongan.

Syamsiyah. 2013. Analisis Pengukuran Kinerja Organisasi dengan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus pada KSU Karyawan Pemerintah Kota Semarang). Skripsi. Semarang : Perpustakaan FISIP Universitas Diponegoro.

Wahyuni, Sri. 2011. Analisis Balance Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Pada PT. Semen Bosowa Maros. Skripsi. Makasar : Universitas Hasanudin.

Zudia, M. 2010. Analisis Penilaian Kinerja Organisasi dengan Menggunakan Konsep Balance Scorecard Pada PT Bank Jateng Semarang. Skripsi: Universitas Diponegoro.

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-14

Cara Mengutip

Nur Irawan, M. R. (2019). PENERAPAN BALANCE SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR PENGUKURAN KINERJA PADA HOTEL ELRESAS LAMONGAN. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 4(3), 1069–1084. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i3.273