ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN LOKASI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN USAHA JASA MIKRO DI KABUPATEN LAMONGAN

Penulis

  • Ali fathoni Fakultas Ekonomi

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v1i1.3

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mencari jawaban dari pertanyaan “apakah faktor kedekatan dengan infrastruktur, lingkungan bisnis, biaya lokasi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap tingkat penjualan usaha jasa skala mikro dan kecil di Desa Blimbing Kec. Paciran Kab. Lamongan?â€. “dan manakah variabel yang paling dominan terhadap tingkat penjualan usaha jasa skala mikro dan kecil di Desa Blimbing Kec. Paciran Kab. Lamongan?â€.  Penelitian ini menggunakan metode analisa data uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji goodness of fit. Hasil penelitiannya yaitu untuk variabel infrastruktur tidak berpengaruh secara parsial sedangkan variabel lingkungan bisnis dan biaya lokasi berpengaruh secara parsial. Dan untuk semua variabel memiliki pengaruh secara simultan. Dan variabel yang paling dominan dimiliki oleh variabel lingkungan bisnis. Dari hasil analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa infrastruktur tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat penjualan, sedangkan lingkungan bisnis dan biaya lokasi berpengaruh signifikan terhadap tingkat penjualan.  Berdasarkan kesimpulan diajukan saran kepada pengusaha agar lebih cermat dalam menentukan pemilihan lokasi guna meningkatkan tingkat penjualan yang diharapkan semua pengusaha.

Keywords : Pemilihan lokasi, Tingkat Penjualan, Usaha jasa mikro

Unduhan

Diterbitkan

2016-02-01

Cara Mengutip

fathoni, A. (2016). ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN LOKASI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN USAHA JASA MIKRO DI KABUPATEN LAMONGAN. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 1(1), 12 Halaman. https://doi.org/10.30736/jpim.v1i1.3