ANALISIS PENGARUH KETIDAKPUASAN, IKLAN KOMPARATIF DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK PENGGUNA HANDPHONE BLACKBERRY PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN

Authors

  • Ali Fathoni Fakultas Ekonomi

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v2i2.54

Abstract

Dalam suatu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis pengaruh ketidakpuasan, iklan komparatif dan kebutuhan mencari variasi terhadap keputusan perpindahan merek pengguna Handphone Blackberry pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan. Penelitian  ini  menggunakan  metode  purposive  non  probability  sampling dengan  sampel  100  orang  responden mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Islam Lamongan. Data  diperoleh  dari kuesioner  yang  telah  diproses  dan  dianalisis  menggunakan  uji validitas  dan  reliabilitas, regresi linier berganda, analisis korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji f. Dari analisis regresi berganda diperoleh: Y = -0,352 + 0,568  + 0,153  + 0,300 X3 maka pengaruh yang dihasilkan adalah positif. Nilai korelasi parsial r1 = 0,773, r2 = 0, 139 dan r3 = 0,699, serta hasil uji thitung diperoleh nilai t X1 = 5.524, t X2 = 2.161, t X3 = 2.300 lebih besar daripada (1.985). Serta dari hasil uji F yang menunjukkan bahwa  (54.985) > (2.70), maka diperoleh asumsi bahwa H0 ditolak dan Hi diterima. Artinya, bahwa variabel Ketidakpuasan (X1), Iklan komparatif (X2) dan Kebutuhan mencari variasi (X3) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan perpindahan merek (Y) pengguna Blackberry pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan. Dari hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa ketidakpuasan, iklan komparatif dan kebutuhan mencari variasi mempengaruhi keputusan perpindahan merek pengguna Blackberry dan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan perpindahan merek adalah Ketidakpuasan.

Keywords : Ketidakpuasan, Iklan Komparatif, Kebutuhan Variasi dan Keputusan Perpindahan Merek

Published

2017-06-01

How to Cite

Fathoni, A. (2017). ANALISIS PENGARUH KETIDAKPUASAN, IKLAN KOMPARATIF DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK PENGGUNA HANDPHONE BLACKBERRY PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 2(2), 9 Halaman. https://doi.org/10.30736/jpim.v2i2.54