ANALISIS PENGARUH KETIDAKPUASAN, IKLAN KOMPARATIF DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK PENGGUNA HANDPHONE BLACKBERRY PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.30736/jpim.v2i2.54Abstract
Dalam suatu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis pengaruh ketidakpuasan, iklan komparatif dan kebutuhan mencari variasi terhadap keputusan perpindahan merek pengguna Handphone Blackberry pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode purposive non probability sampling dengan sampel 100 orang responden mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Islam Lamongan. Data diperoleh dari kuesioner yang telah diproses dan dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, regresi linier berganda, analisis korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji f. Dari analisis regresi berganda diperoleh: Y = -0,352 + 0,568 + 0,153 + 0,300 X3 maka pengaruh yang dihasilkan adalah positif. Nilai korelasi parsial r1 = 0,773, r2 = 0, 139 dan r3 = 0,699, serta hasil uji thitung diperoleh nilai t X1 = 5.524, t X2 = 2.161, t X3 = 2.300 lebih besar daripada (1.985). Serta dari hasil uji F yang menunjukkan bahwa (54.985) > (2.70), maka diperoleh asumsi bahwa H0 ditolak dan Hi diterima. Artinya, bahwa variabel Ketidakpuasan (X1), Iklan komparatif (X2) dan Kebutuhan mencari variasi (X3) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan perpindahan merek (Y) pengguna Blackberry pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan. Dari hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa ketidakpuasan, iklan komparatif dan kebutuhan mencari variasi mempengaruhi keputusan perpindahan merek pengguna Blackberry dan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan perpindahan merek adalah Ketidakpuasan.Keywords : Ketidakpuasan, Iklan Komparatif, Kebutuhan Variasi dan Keputusan Perpindahan Merek
Downloads
Published
2017-06-01
How to Cite
Fathoni, A. (2017). ANALISIS PENGARUH KETIDAKPUASAN, IKLAN KOMPARATIF DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK PENGGUNA HANDPHONE BLACKBERRY PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 2(2), 9 Halaman. https://doi.org/10.30736/jpim.v2i2.54
Issue
Section
Artikel
License
Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat akses terbuka untuk umum dan untuk Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit