PENGARUH KUALITAS MEREK, CIRI KEPRIBADIAN, DAN KEPRIBADIAN MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA OPTIK REZA LAMONGAN

Authors

  • Nikmatul Jannah Universitas Islam Lamongan

Keywords:

Kualitas merek, Ciri kepribadian, Kepribadian merek, Loyalitas Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas merek, cirkepribadian dan kepribadian merek terhadap loyalitas konsumen pada Optik Reza Lamongan. Sampel penelitian ini adalah 100 Konsumen di Optik Reza Lamongan, pengambilan sampel menggunakan random sampling yaitu penentuan sampel yang memberikan kesempatan yang sama pada setiap anggota populasi untuk dijadikan sampel. Analisis data menggunakan Uji Regresi Linier Berganda dengan ketepatan model (uji asumsi klasik), pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji persial (uji t), sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas merek menjelaskan keberadaannya terhadap variabel loyalitas konsumen, selain itu secara persial ciri kepriabadian, dan kepribadian merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen.

References

FandyTjiptono(2002:5),kualitasprodukhttp://skripsikonsultasi.blogspot.com/2008/05/dimensikualitas-produk.htm.

KotlerdanGaryArmstrong(2007:70)http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/06%20%20Strategi%20Perluasan%20Merek%20dan%20Loyalitas%20Konsumen.pdf

Gramer dkk.,(dalam Utomo 2006: 27) http://wnugros.blogspot.com/2005/11/loyalitas-konsumen.html

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. (1999). Manajemen Produksi dan Operasi Edisi Revisi. Jakarta: FakultasEkonomiUniversitas Indonesia.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Diponegoro.

Herjanto, Eddy. 2007. Manajemen Operasi. Edisi Ketiga. Jakarta : PT Grasindo.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Sugiyono, 2015. Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Yamit, Zulian (2003). Manajemen Produksi dan Operasi (Edisi II). Yogyakarta: Ekonisia.

Published

2020-09-01

Issue

Section

Artikel