ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BIBIT IKAN (Studi Evaluasi Efektivitas Strategi Komunikasi Pemasaran Bibit Ikan Pada IBAP Lamongan)
DOI:
https://doi.org/10.30736/jpim.v3i2.183Abstract
Benih ikan berkualitas baik dibutuhkan dalam tahapan utama pembesaran ikan. Peningkatan benih berkualitas mampu didapatkan dengan pengontrolan panti benih dan pakan benih. Benih berkualitas mampu dipenuhi dengan produksi benih secara intensif dan berkelanjutan. Ketersediaan pakan alami yang cukup merupakan salah satu faktor untuk mendapatkan hasil benih yang berkualitas. Pakan alami belum mampu digantikan oleh pakan buatan, sehingga kualitas dan kuantitas pakan alami menjadi faktor penentu kualitas benih ikan laut (Sumiarsa dan Irwan, 2010).
Di Lamongan banyak dijumpai penjual bibit ikan, mulai dari pedagang yang berada di rumah hingga penyedia jasa penjualan secara online . Salah satu penjualam online di Lamonganadalah IBAP(Instalasi Budidaya Air Payau)Lamongan. IBAP Lamongan ini merupakan situs jual benih ikan online,yang mempunyai beragam jenis dan berbagai macam variasi ukurannya untuk para petani ikan dan pembudidaya dengan memberikan harga terjangkau sesuai kebutuha.
Begitu banyak penjual bibit ikan yang ada di Lamongan, dimana srategi pemasaran antar kompetitor sangatlah berpengaruh. Dalam strategi komunikasi pemasaranIBAP Lamongan memfasilitasi pemasaran produknya. IBAP Lamonganmenggunakan alat promosi dalam strategi komunikasi pemasaran di masyarakat adalah program penyuluhan pada komunitas petani ikan di tingkat kabupaten maupun sekitar area Lamongan
Penelitian ini merupakan evaluasi keefektifan yang berniat untuk mengevaluasi apakah program yang dilaksanakan oleh IBAP Lamongan dalam upaya meningkatkan penjualan, loyalitas pelanggan, dan pemahaman konsumen di Kabupaten Lamongansudah efektif atau belum efektif. Penelitian ini menggunakan kerangka model CIPP (Context, Input, Process, Product), metode pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis penelitian ini adalah melalui pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Temuan dalam program penelitian ini berjalan dengan lancar karena dukungan pelanggan yang antusias, keterbatasan pemasaran dan infrastruktur untuk membuat program berjalan lambat. Harus ada alat promosi tambahan, sehingga pelanggan dan masyarakat umum akan menjadi tahu akan adanya IBAP Lamongan.
Â
Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Strategi Komunikasi Pemasaran, Evaluasi Efektivitas, Analisis CIPP, Bibit Ikan.
References
Cangara, Hafied. (2014). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Couldry, Nick, Joseph Turow. (2014). “Advertising, Big Data, and the Clearance of the Public Realm: Marketers’ New Approaches to the Content Subsidyâ€, International Journal of Communication Vol 8. Page 1710-1723. London School of Economics, UK; University of Pennsylvania, USA
Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bhakti
Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga Kotler, Philip, KevinLane Keller.(2007). Manajemen Pemasaran(Edisi Alih
Bahasa Indonesia); Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks
Nurzaman, Kadar. (2014). Manajemen Perusahaan. Bandung: CV. Pustaka Setia Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus
Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Rohmad, Zaini. (2014). Evaluasi Kinerja; Suatu Pengantar. Surakarta: UPT UNS Press
Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu (Edisi Alih Bahasa Indonesia); Edisi ke-5 Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga
Silalahi, Ulber. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama Sutopo, dkk. (2015). Peranan Komunikasi Terhadap Perubahan Sosial. Surakarta: UPT UNS Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat akses terbuka untuk umum dan untuk Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit