ANALISIS SWOT SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN DAN PENGUATAN STRATEGI BISNIS ( STUDY KASUS PADA UD. GUDANG BUDI, KEC. LAMONGAN)

Penulis

  • Danu Kusbandono Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v4i2.250

Abstrak

UD. Gudang Budi merupakan unit bisnis yang bergerak dibidang percetakan yang bertempat di area kecamatan dalam kota Lamongan dimana system kerjanya melakukan FIFO( First in First Out) dan juga realtime pembuatan desain dimana konsumen bisa langsung mengawasi pembuatan desain yang di inginkan. Dalam pelaksanaan strateginya UD. Gudang Budi bisa dikatakan belum membuahkan hasil yang maksimal dikarenakan belum memiliki backup alat cetak sehingga order dari konsumen yang masuk dalam antrian semakin menumpuk dan juga cabang baru untuk memposisikan diri sebagai puncak kepemimpinan. Dengan adanya permasalahan dalam UD. Gudang Budi, maka penelitian berinisiatif ini menggunakan analisis SWOT sebagai teknik dasar untuk melihat faktor internal dan eksternal yang mempunyai tujuan untuk menentukan strategi pemasaran, sehingga diharapkan  memperoleh keuntungan yang maksimal. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi yang bisa digunakan UD. Gudang Budi  adalah strategi agresif yakni dengan menambah unit alat cetak sehingga berpengaruh menurunkan antrian permintaan desain grafis konsumen, menambah pendingin ruangan pada area operator desain grafis supaya konsumen merasa nyaman, mendirikan cabang baru di area dengan populasi tinggi dimana ada banyak sekali instansi yang berdiri.

 

Kata kunci: Analisis SWOT, EFAS, IFAS, Strategi Pemasan.

Referensi

Rangkuti, Freddy. (2014). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Richard L. Daft, 2010, Era Baru Manajemen,Edward Tanujaya, Edisi 9,Salemba Empat

Agustina Shinta, 2011, Manajemen Pemasaran, Edisi 1, UB Press

Pontas Pardede, M. 2011. Manajemen Strategik dan Kebijakan Perusahaan, Jakarta: Mitra Wacana Media

Rangkuti, Freddy. 2015. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Penerbit PT. GramediaPustakaUtama. Jakarta.

Sugiyono.2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kualitatif dan R&D, Alfabeta, CV.Bandung

Unduhan

Diterbitkan

2019-06-10

Cara Mengutip

Kusbandono, D. (2019). ANALISIS SWOT SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN DAN PENGUATAN STRATEGI BISNIS ( STUDY KASUS PADA UD. GUDANG BUDI, KEC. LAMONGAN). JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 4(2), 921–932. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i2.250