IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DAN PENDAPATAN PADA UD. YOGA PUTRA BANGKIT SAMBENG LAMONGAN

Penulis

  • Mita Dwi Anggraini Universitas Islam Lamongan
  • Abid Muhtarom Universitas Islam Lamongan
  • Nurus Safaatillah Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v4i2.253

Abstrak

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif di UD. Yoga Putra bangkit dengan judul “Implementasi Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Analisis SWOT dalam Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan pada UD. Yoga Putra Bangkit Sambeng Lamonganâ€. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui apakah strategi pemasaran dengan pendekatan analisa SWOT dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan  pada UD. Yoga Putra Bangkit. Untuk mengetahui bentuk strategi pemasaran yang dilakukan oleh UD. Yoga Putra Bangkit guna meningkatkan penjualan dan pendapatan yang sesuai dengan perusahaan. Obyek penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa menggunakan teknik analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats). Dari hasil penelitian posisi perusahaan pada saat ini ada pada kuadran 1 merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan  pada UD. Yoga Putra Bangkit. Untuk mengetahui bentuk strategi pemasaran yang dilakukan oleh UD. Yoga Putra Bangkit guna meningkatkan penjualan dan pendapatan yang sesuai dengan perusahaan.

 

Kata kuci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT.

Referensi

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada. Depok.

Anogara Pandji.2011. Pengantar Bisnis. Rineka Cipta, Jakarta.

Cahyono, Puguh. 2016. Implementasi Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode SWOT dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Asuransi Kecelakaan dan Kematian pada PT. Prudential Cabang Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen. Volume 1(2); 2502-3780.

Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. GP Press Group, Jakarta.

Mumpuni, Diyah. 2013. Analisis Strategi SWOT untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan MIE SOUN Gelang Indah Cilacap. Jurnal Dyah Analisis Strategi SWOT. Volume 2(3); 175-182.

Nuary, Nizar Sapta. 2016. Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Analisis SWOT pada PT. Super Sukses Motor Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. Volume 2(1); 30-42.

Rohmah, Eli Lailatur. 2015. Strategi Manajemen Pemasaran dengan Pendekatan Analisis SWOT untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Pabrik Air Kemasan KSU Kencana Makmur Sugihan Solokuro Lamongan. Skripsi. Universitas Islam Lamongan.

Rangkuti, Freddy. 2016. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Gramedia, Jakarta.

Subing, H.Achmad, dan Ferdian Dwi Saputra. 2014. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Motor Merk Mio J Cw FI Pada PT. Bahana Pagar Alam Di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Volume 4(2); 197-220.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian. Kusntitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sulistyawati, leny. 2010. Pemanduan praktis Memahami Analisis laporan Keuangan. PT. Elex Media Kompitundo. Jakarta.

Wijaya,Wayan, Yulianeu, Tsalis Syaifuddin, Heri Sri Wulan. 2017. Strategi Pengembangan Usaha CV.Steba Adevtaising Semarang dalam Meningkatkan Pendapatan. Jurnal Of Management. Volume 3(3)

Unduhan

Diterbitkan

2019-06-10

Cara Mengutip

Anggraini, M. D., Muhtarom, A., & Safaatillah, N. (2019). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DAN PENDAPATAN PADA UD. YOGA PUTRA BANGKIT SAMBENG LAMONGAN. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 4(2), 963–974. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i2.253