PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA GUDANG KOMODITI SISTEM RESI GUDANG KABUPATEN BOJONEGORO

Penulis

  • Endang Endang Universitas Bojonegoro
  • Sugiyanto Sugiyanto Universitas Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v4i3.269

Abstrak

Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh parsial fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap Kepuasan pengguna Gudang Komoditi Sistem Resi Gudang Kabupaten Bojonegoro dan untuk mengetahui pengaruh simultan fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap Kepuasan pengguna gudang komoditi Sistem Resi Gudang Kabupaten Bojonegoro. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan data primer dan data skunder. Teknik analisa menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis diperoleh fasilitas berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna gudang  Komoditi Sistem Resi Gudang Kabupaten Bojonegoro. Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna gudang Komoditi Sistem Resi Gudang Kabupaten Bojonegoro. Hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 34,885 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 yang berarti bahwa fasilitas dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pengguna gudang komoditi Sistem Resi Gudang Dander Kabupaten Bojonegoro.

.

Kata Kunci: Fasilitas,  Kualitas Pelayanan,  Kepuasan, Gudang

Referensi

Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Bojonegoro, Oktober 2013; SISTEM RESI GUDANG (SRG) Solusi Permasalahan Petani Bojonegoro.

Tompkins, J. A., White, J. A., dan Tanchoco, J. M. (1996). Facilities Planning (Fourth ed.). USA: John Wiley & Sons.

H.I. Yunarto dan M.G. Santika. Business Concept Implementation Series In Inventory Management. Jakarta: Elex Media, 2005.

Heldy Juliana, Naniek Utami Handayani, 2016; Peningkatan Kapasitas Gudang Dengan Perancangan Layout Menggunakan Metode Class-Based Storage. Jurnal Teknik Industri, Vol. XI, No. 2, Mei 2016.

Hery Hamdi Azwir, Oktavia Patrian, 2017; Perbaikan Pengelolaan Pergudangan Melalui Penerapan Sistem Informasi Pergudangan di CV. ABB. JURNAL OPTIMASI SISTEM INDUSTRI - VOL. 16 NO. 01 (2017) 010-024. ISSN (Print) 2088-4842. Universitas Presiden, Kota Jababeka, Cikarang, Bekasi, 17550, Indonesia.

Moenir, H.A.S. (2001) Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta, PT. Bumi Aksara.

M. Tony Nawawi & Ida Puspitowati, 2015; Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Perpustakaan Sebagai Prediktor Terhadap Kepuasan Civitas Akademika Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara Di Jakarta. Jurnal Ekonomi/Volume XX, No. 02, Juli 2015: 320-334.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 13. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Prehallindo.

Indra Lutfi Sofyan, Ari Pradhanawati & Hari Susanta Nugraha, 2013; Pengaruh Fasilitas an Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas, Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening pada Star Clean Car Wash Semarang. DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITIC Tahun 2013, Hal. 1-12 http://ejournals1. undip.ac.id/index.php/

Lupiyoadi, Rambat, dan Hamdani, A. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Setiawan, Ryan Agung. (2014). “Analisis Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan (Studi Kasus : “Waroeng Spesial).

Jarliyah Harfika , Nadiya Abdullah, 2017; Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Jurnal Balance Vol. XIV No. 1 | Januari 2017 : 44-56.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi

Sudaryono, (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi - Ed. I . – Yogyakarta : ANDI

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. Pearson Education.

Ali Fathoni, Hery Suprapto, 2016; Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit Islam Nashrul Ummah Lamongan. Jurnal E K B I S / V o l . X V I / N o . 2 E d i s i S e p t e m b e r 2 0 1 6 Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan.

Sujarweni, V. Wiratna (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: PUSTAKA BARU PRESS.

Endang & Laily Nur Cholida, 2017; Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Di Terminal Rajekwesi Bojonegoro. Jural TeknikA Vol 9 No 2 September 2017 , 911 – 915. ISSN No. 2085 – 0859.

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Uma Sekaran. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.

Fauzi, Mochamad (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Sebuah Pengantar. Cet. 1 – Semarang:

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-14

Cara Mengutip

Endang, E., & Sugiyanto, S. (2019). PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA GUDANG KOMODITI SISTEM RESI GUDANG KABUPATEN BOJONEGORO. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 4(3), 1031–1042. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i3.269