PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK
DOI:
https://doi.org/10.30736/jpim.v6i1.572Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian batik; untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian batik dan untuk mengetahui pengaruh simultan kualitas batik dan harga terhadap keputusan pembelian batik. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Neny Bateeq Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro. Pengumpulan data menggunakan sumber primer dan sumber sekunder. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis regresi ganda digunakan untuk menganalisa nilai pengaruh dua variable bebas atau lebih terhadap satu variable terikat (untuk membuktikan ada tidaknya hubungan fungsional atau hubungan kausal antara dua atau lebih variable bebas terhadap variable terikat. Hasil penelitian diperoleh nilai t hitung sebesar 5,072 dengan nilai signifikan 0,000, menunjukkan bahwa variable kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian batik. Variabel harga diperoleh dengan nilai t hitung sebesar 2,022 dan nilai signifikansi 0,050 ≤ 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel harga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian batik. Nilai F hitung sebesar 26,539 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, artinya kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian batik.
References
.Agung, R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Batik Al- Barokah Pakandangan Kabupaten Sumenep.
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Bojonegoro, P. B. (2014). Peraturan Bupati Bojonegoro No. 44 tahun 2014, Tentang Perubahan atas Peraturan Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pakaian Dinas Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Bojonegoro: Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.
Fauzi, M. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif. Semarang: Walisongo Press.
Hertita, D. (2018). Setiap Pebisnis Harus Punya Buku Ini. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Principles of Marketing 14E. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Kristanto, H. (2009). Kewirausahaan (Entrepreneurship) Pendekatan Manajemen, Dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Maria Agatha, (2018), Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Barong Gung Tulungagung, Jupeko, Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), Vol 3, No 2, 2018
Oentoro, D. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.
Putrawan, I. M. (2017). Pengujian Hipotesis Dalam Penelitian-Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rosita, Inne Satyawisudarini, 2017 Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pembelian Online Produk T-Shirt Samesame Clothing), Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Almana) Vol. 1 No. 3
Saebani, M. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Batik Danar Hadi Surakarta, (18).
Sambas ali muhidi, maman A. (2011). Analisis Korelasi, Regresi Dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Sopiah, E. M. S. (2013). Perilaku Konsumen; Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: ANDI.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Tantric, A. T. F. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat akses terbuka untuk umum dan untuk Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit