ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN ANTAR JASA PENGINAPAN DI KOTA LAMONGAN (STUDI PADA HOTEL MAHKOTA LAMONGAN)

Hery Suprapto

Sari


Mengetahui strategi pemasaran hotel untuk memajukan jasa penginapan pada hotel Mahkota. Penelitian ini bertujuan untuk Faktor-Faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) terutama dari sisi strategi pemasarannya dan untuk mengetahui efektifitas strategi pemasaran yang sudah dilakukan Hotel Mahkota. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan menggunakan analisis strategi yaitu analisis internal dan analisis external dengan menggunakan metode analisis SWOT. Berdasarkan hasil perhitungan, faktor internal kekuatan yang dimiliki Hotel Mahkota lebih besar dari faktor kelemahannya yaitu sebesar 2,16 dan untuk faktor eksternal peluang juga lebih besar dari faktor eksternal ancamannya yaitu sebesar 2,22 dari perhitungan tersebut dapat ditentukan posisi Hotel Mahkota sehingga diperoleh formulasi strategi pemasaran yang sesuai. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan memberikan pelayanan yang lebih baik bagi konsumen kedepannya.

Kata Kunci : strategi pemasaran, analisis SWOT , matriks SWOT , matriks internal dan eksternal


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dwi Fitriana Dewi. 2014. Dengan Judul Skripsi ”Analisis Strategi Pemasaran Perhotelan Di Makassar (Studi Pada Grand Clarion Hotel & Convention)”. Universitas Hasanuddin Makassar.

Dimas Hendika Wibowo, Zainul Arifin, Sunarti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 29, 1 Desember 2015.

Kotler, Philip Dan Amstrong Gary. 2014. Principles Of Marketing. 12thEdition, Jakarta : Erlangga.

Siagian Sondang P. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Sunyoto Danang. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta:CAPS.

Hurriyatih Ratih. 2014. Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Edisi 5. Bandung : Alfabetha.

Anggraini Marcos Dan Ronny H. Mustamu. 2014. Perumusan Strategi Bersaing Salah Satu Hotel Bintang Tiga Samarinda. Jurnal AGORA. Vol 2. No.1 2014.

Okto Widhiarsa. 2011. Dengan Judul Skripsi “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kulitas Pelayanan Hotel Semarang”. Universitas Diponegoro.

Tjiptono Fandy. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta : Andi.

Tjiptono Fandy Dan Gregorius Candra. 2016. Service, Quality, Dan Satisfaction, Edisi 4. Yogyakarta : Andi.

Philip Kotler Dan Kevin Lane Keller. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta : Erlangga.

Lumpiyo Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta : Salemba.

Bagyono. 2014. Pariwisata Dan Perhotelan. Edisi 4. Bandung : Alfabetha.

Http://Www.Academia.Edu/29134263/Skripsi Analisis Strategi Pemasaran Perhotelan Di Makassar Studi Kasus Di Grand Clarion Hotel And Conventional. Di Akses Tanggal (10 Desember 2018).

Fahmi, Irham. 2015. Pengantar Manajemen Keungan Teori Dan Soal. Bandung : Gramedia.

Rangkuti Freddy. 2017. Customer Care Excellent (Meningkatkan Kinerja Perusahaan Melalui Pelayanan Prima). Jakarta : Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30736%2Fjpim.v4i3.271

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.