PENGARUH CUSTOMER BONDING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI COUPLE COFFE MALANG
Keywords:
Customer bonding, loyalitas pelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer bonding terhadap loyalitas pelanggan Pada Couple Coffe Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 72 responden.
Dari hasil penelitian didapatkan adanya pengaruh variabel dari hasil pengujian secara parsial X1 diperoleh thitung > ttabel dengan nilai 2,789 > 1,996, uji t X2 diperoleh thitung > ttabel dengan nilai 2,437 > 1,996, uji t X3 diperoleh thitung > ttabel dengan nilai 2,340 > 1,996, uji t X4 diperoleh thitung > ttabel dengan nilai 2,110 > 1,996, dan uji t X5 diperoleh thitung > ttabel dengan nilai 2,433 > 1,996, sedangkan dalam pengujian secara simultan diperoleh Fhitung > Ftabel dengan nilai 9,215 > 2,35, dan dari hasil regresi linier berganda didapatkan hasil Y = - 5.859 + 0, 431 X1 + 0,334 X2 + 0,307 X3 + 0,347 X4 + 0,396 X5+ e, dalam hal ini variabel awareness bonding (X1) dalam pengujian regresi linier berganda yang paling dominan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer bonding berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, sehingga customer bonding berpengaruh bagi pelanggan untuk memutuskan pembelian terhadap produk tersebut.References
Dharmesta, S.B. 2012. Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia Vol.14
Dermawan, Deni. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Kedua. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya
Griffin, J. 2015. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kestiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Kertajaya, H. 2010. Boosting Loyalty Marketing Performance. Bandung: PT. Mizan Pustaka
Kotler, P dan Armstrong, G. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran edisi ke12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Licen Indahwati D. 2011. Loyalty & Disloyalty: Sebuah Pandangan Komprehensif dalam Analisa Loyalitas Pelanggan. Jurnal KINERJA Vol. 8, No. 2
Simamora, B. 2012. Remarketing for Business Recovery. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama . Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitable. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Umar, H. 2010. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Usmara, Usi. 2010. Pemikiran Kreatif Pemasaran. Yogyakarta: Amara Books
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfa Beta
Santoso, S.2015. SPSS20 Pengolahan Data Statistik di Era Informasi, Jakarta,PT.Alex Media Komputindo, Kelompok Gramedia.