PENGARUH CUSTOMER BONDING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI COUPLE COFFE MALANG

Penulis

  • Tajuddin Assuyuti universitas islam lamongan

Kata Kunci:

Customer bonding, loyalitas pelanggan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer bonding terhadap loyalitas pelanggan Pada Couple Coffe Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 72 responden.

Dari hasil penelitian didapatkan adanya pengaruh variabel dari hasil pengujian secara parsial X1 diperoleh thitung > ttabel dengan nilai 2,789 > 1,996, uji t X2 diperoleh thitung > ttabel dengan nilai 2,437 > 1,996, uji t X3 diperoleh thitung > ttabel dengan nilai 2,340 > 1,996, uji t X4 diperoleh thitung > ttabel dengan nilai 2,110 > 1,996, dan uji t X5 diperoleh thitung > ttabel dengan nilai 2,433 > 1,996, sedangkan dalam pengujian secara simultan diperoleh Fhitung > Ftabel dengan nilai 9,215 > 2,35, dan dari hasil regresi linier berganda didapatkan hasil Y = - 5.859 + 0, 431 X1 + 0,334 X2 + 0,307 X3 + 0,347 X4 + 0,396 X5+ e, dalam hal ini variabel awareness bonding (X1) dalam pengujian regresi linier berganda yang paling dominan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer bonding berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, sehingga customer bonding berpengaruh bagi pelanggan untuk memutuskan pembelian terhadap produk tersebut.

Referensi

Dharmesta, S.B. 2012. Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia Vol.14

Dermawan, Deni. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Kedua. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

Griffin, J. 2015. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kestiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Kertajaya, H. 2010. Boosting Loyalty Marketing Performance. Bandung: PT. Mizan Pustaka

Kotler, P dan Armstrong, G. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran edisi ke12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Licen Indahwati D. 2011. Loyalty & Disloyalty: Sebuah Pandangan Komprehensif dalam Analisa Loyalitas Pelanggan. Jurnal KINERJA Vol. 8, No. 2

Simamora, B. 2012. Remarketing for Business Recovery. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama . Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitable. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Umar, H. 2010. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Usmara, Usi. 2010. Pemikiran Kreatif Pemasaran. Yogyakarta: Amara Books

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfa Beta

Santoso, S.2015. SPSS20 Pengolahan Data Statistik di Era Informasi, Jakarta,PT.Alex Media Komputindo, Kelompok Gramedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-15

Terbitan

Bagian

Artikel