ANALISIS REGRESI LOGISTIK ORDINAL PADA KEPUASAAN PELANGGAN MEBEL LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.30736/jpim.v4i1.226Abstract
Kepuasan pelanggan merupakan salah satu indikator keberhasilan suatu usaha. Pelanggan yang puas terhadap produk dan layanan suatu usaha dapat dipastikan pelanggan akan melakukan repeat order. Hal inilah yang mendasari para pengusaha berlomba-lomba untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan salah satunya dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Analisis regresi logistik ordinal dilakukan untuk mengetahui kepuasan pelanggan usaha mebel di Kabupaten Lamongan. Tiga variabel independen yang digunakan adalah relationship marketing, confidence benefits, dan social benefits. Hasil yang didapatkan melalui regresi logistik ordinal adalah relationship marketing, confidence benefits tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Variabel independent yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah special treatment benefits.
Â
Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Regresi Logistik Ordinal, Mebel Lamongan
ÂReferences
Agresti, A., 1990. Categorical Data Analysis. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Arofah, Irvana, 2018, Analisis Persepsi Biaya Kuliah Perguruan Tinggi dengan Menggunakan Metode Regresi Logistik Ordinal, Jakarta : Jurnal Statistika dan Aplikasinya (JSA) Vol 1 No.1.
Aunuddin 1989, Analisis Data, Bogor : PAU Ilmu Hayat IPB
Dimitriadis, Sergios. 2010. Testing Perceived Relational Benefits As Satisfaction And Behavioral Outcomes Drivers. International Journal of Bank Marketing, Vol. 28, No. 4.
Grembler, and Mary Jo Bitner. 1998. Relational Benefits in Service Industries: The Customers Perpective. Journal Academic Marketing Science, Vol. 26.
Hosmer, D.W. & Lemeshow, S., 2000. Applied Logistic Regression. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Kau, Ah Keng and Elizabeth Wan Yiun Loh. 2006. The effect of service recovery on satisfacation : a comparison between compalaints and non complainants. Journal of Service Marketing, Vol. 20, No. 2.
Kotler, 2006. Manajemen Pemasaran Edisi ke Sebelas, Jilid II. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
Thurau, Thorsten, Kevin P. Gwinner, Dwayne D. Gremler. 2002. Understanding Relationship Marketing Outcomes: An Integration of Relational Benefits and Relationship Quality. Journal of Service Research, Vol. 4, No. 3.
Yaskun, Mohammad, 2017, Peranan Realtional Benefits Dalam Peningkatan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Mebel Lamongan, Bangkalan : Jurnal Studi Dan Bisnis. Vol. 4 No.2.
Zakariyah dan Zain, Ismaini, 2015, Analisis Regresi Logistik Ordinal Pada Prestasi belajar Lulusan Mahasiswa di ITS Berbasis SKEM, Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Jurnal Sains dan Seni ITS, Vol. 4 No.1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat akses terbuka untuk umum dan untuk Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit